BANTUAN KEMANUSIAAN

Gandeng Organisasi Filantropi, XL Axiata Bagikan Sembako di Padang

Ekonomi-Bisnis | Kamis, 04 Juni 2020 - 01:14 WIB

Gandeng Organisasi Filantropi, XL Axiata Bagikan Sembako di Padang
Ketua FJPI Sumatera Barat Nita Indrawati Arifin, Territory Sales Manager XL Axiata area Padang Toddy C Siburian, dan Relawan Komunitas Berbagi Nasi Padang Prayudha Dewantara Asri beserta anggota FJPI Sumbar dan Relawan Berbagi Nasi Padang saat bagi sembako di Padang, Selasa (2/6/2020). (XL FOR RIAUPOS.CO)

PADANG (RIAUPOS.CO) - Bantuan dari Keluarga Besar PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus mengalir untuk masyarakat yang terdampak pandemi corona (Covid-19). Berkolaborasi dengan dua organisasi filantropi yang bergerak membantu masyarakat, yakni Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumatera Barat dan Komunitas Berbagi Nasi Padang, XL Axiata membagikan paket sembako untuk warga Padang yang terdampak situasi dan kondisi terkait wabah Covid-19. 

Sebagian dana untuk donasi ini merupakan hasil pengumpulan dana dari karyawan XL Axiata yang terus dilakukan secara rutin sejak awal terjadinya pandemi. Penyerahan donasi berlangsung di seputaran Kota Padang, Sumatera Barat, Selasa (2/6/2020). Ikut serta dalam acara ini Territory Sales Manager XL Axiata area Padang, Toddy C Siburian.

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi mengatakan, banyak pekerja yang terimbas akibat Covid-19. Mereka adalah orang-orang yang pantang menyerah, tetap berusaha karena harus menghidupi keluarganya. Hasil yang diperoleh memang tidak lagi bisa maksimal seperti dulu ketika kondisi normal. 


"Kepada mereka donasi ini kami salurkan, berkolaborasi dengan komponen masyarakat Kota Padang yang memiliki keperdulian yang sama. Semoga kegiatan ini bermanfaat dan bisa meringankan beban ekonomi mereka yang saat ini terdampak wabah Covid-19,” jelas Desy dalam siaran pers yang diterima Riaupos.co.

Desy menambahkan, paket bantuan terdiri dari sembako, masker dan uang tunai. Ada sebanyak 60 paket bantuan. Sebelumnya, tim FJPI Sumbar dan Komunitas Berbagi Nasi Padang telah melakukan identifikasi di lapangan, untuk menentukan siapa saja masyarakat terdampak pandemi Covid-19 yang tetap tak kenal menyerah dalam mencari nafkah di situasi dan kondisi yang berat saat ini. Paket bantuan diberikan antara lain kepada pemulung, penjual koran, tukang parkir, dan pedagang kecil.

Ketua FJPI Sumatera Barat, Nita Indrawati Arifin mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, masyarakat harus bergotong royong membantu orang-orang di sekitar yang saat ini sedang berusaha mencari rezeki dan membutuhkan bantuan, walaupun situasi dan kondisi saat ini membatasi ruang gerak mereka. 

“Dalam kondisi saat ini, kita yang beruntung masih punya penghasilan, perlu kiranya berbagi rizki kepada orang-orang yang membutuhkan. FJPI Sumbar juga telah beberapa kali melakukan pengumpulan donasi untuk membantu warga sekitarnya,” jelas Nita Indrawati Arifin.

Relawan Komunitas Berbagi Nasi Padang, Prayudha Dewantara Asri mengatakan, pihaknya berterima kasih telah diajak XL Axiata untuk ikut menyalurkan sembako bagi masyarakat yang kurang beruntung di tengah pandemi Covid-19 ini. 

"Berbagi Nasi Padang mulai hadir sejak 2013, kami terus aktif berusaha memberikan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan. Sebagai warga Kota Padang, kami mengapresiasi karyawan XL Axiata yang telah mengumpulkan dana untuk donasi ini,” jelas Prayudha.

Sebelumnya, XL Axiata juga  bekerjasama dengan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, PFI Pekanbaru, dan PFI Palembang memberikan bantuan kepada komunitas penyandang tuna netra melalui Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni), XL Axiata dan PFI menyalurkan donasi sembako di ketiga kota. 

Total ada sekitar 200 paket sembako yang dibagikan. Di Medan ada 60 paket, sementara itu di Palembang dibagikan 75 paket, dan di Pekanbaru 65 paket. Kemudian berkolaborasi dengan anak-anak muda Blogger Medan (Blog M) memberikan bantuan 60 paket sembako untuk para pemulung, penarik becak dayung, penjual koran, juru parkir, pedagang kecil, penyapu jalan raya, penjual krupuk, penjual balon, dan lain-lain di Kota Medan.

Sejak pandemi Covid-19 melanda dan berdampak secara langsung pada kehidupan ekonomi sebagian masyarakat Indonesia, karyawan XL Axiata mengambil inisiatif untuk mengumpulkan donasi dari dana pribadi mereka sendiri. Pengumpulan donasi telah di laksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama terkumpul sebesar Rp818 juta. Lalu pada tahap kedua terkumpul Rp750 juta.

Dana hasil pengumpulan tahap pertama telah disalurkan untuk donasi 1.000 alat pelindung diri yang diberikan kepada 10 rumah sakit di Jakarta. Sementara itu, dana yang terkumpul dari tahap kedua disalurkan untuk donasi berupa bantuan pangan gratis, masker, vitamin, kebutuhan pokok ibu dan anak dan lain-lain di berbagai daerah di Indonesia, termasuk untuk membantu komunitas tunanetra di beberapa kota di Sumatera, bekerja sama dengan PFI, juga untuk membantu masyarakat kurang mampu di Medan yang penyalurannya bekerjasama dengan komunitas Blog M.  

Editor: Hary B Koriun




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

Fekon Unand

UIR PMB Berbasis Rapor


EPAPER RIAU POS  2020-07-05.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com