OTOMOTIF

Ini Dia Wujud Mobil Transparan Pertama di Dunia

Ekonomi-Bisnis | Minggu, 05 Juli 2020 - 15:05 WIB

Ini Dia Wujud Mobil Transparan Pertama di Dunia

BAGIKAN


BACA JUGA

JAKARTA (RIAUPOS.CO) - Dalam film-film fiksi ilmiah, kerap ditampilkan sebuah mobil yang memiliki desain transparan alias tembus pandang. Tak hanya dalam film, rupanya mobil transparan benar-benar pernah dibuat bahkan puluhan tahun lalu.

Sebagaimana dilansir dari AutoEvolution, Jumat (3/7), adalah Pontiac Ghost Car dikukuhkan sebagai mobil transparan pertama yang pernah dibuat di Amerika Serikat (AS). Mobil ini tertulis dalam sejarah otomotif di AS selama beberapa dekade terakhir.

Mobil dibuat dari bodi Plexiglass lengkap. Mobil transparan ini dibuat dengan sasis Pontiac Deluxe Six 1939. Mobil ini masih berfungsi dengan baik meski tidak ada yang mau mengendarainya di jalan.


Gagasan untuk Ghost Car muncul ketika General Motor (GM) sedang mempersiapkan pameran pada 1939 dan 1940. Industri otomotif sedang booming saat itu dan hampir setiap rumah tangga kelas menengah memiliki setidaknya satu mobil di garasi mereka.

GM ingin memanfaatkan itu untuk lebih meningkatkan penjualan. Mereka mencari sesuatu untuk diperlihatkan kepada publik. Jadilah mereka membuat mobil transparan yang sejatinya merupakan mobil pamer alias show car.

Desainer Norman Bel Geddes dan artis Dean Cornwall ditugaskan dalam pengerjaan mobil tersebut. Pada titik ini, ada beberapa kontradiksi tentang siapa yang benar-benar membuat mobil namun versi resmi GM adalah mereka menangani semuanya sendiri tetapi ada yang percaya itu adalah hasil kemitraan antara Fisher Body Co dan Rohm and Haas, perusahaan kimia yang membawa Plexiglass ke pasar.

Meski diperdebatkan, hasilnya luar biasa. Mobil yang berbasis pada sasis Pontiac Deluxe Six 1939 di semua bodinya dibalut material Plexiglass yang transparan namun kokoh. Suatu prestasi yang belum pernah terjadi sebelumnya karena plastik akrilik jarang ditemukan pada saat itu.

Karena diperuntukkan sebagai mobil pamer, sekrup dan pengencang seluruhnya berlapis krom. Seperti halnya dashboard, kabel dan cetakan karet dibuat putih agar sesuai dengan ban berwarna putih dan roda dengan struktur logam di bawahnya yang diberi polesan tembaga.

“Sebuah mobil transparan, yang pertama kali dibangun di Amerika Serikat, adalah yang paling mencolok dari pameran Divisi Badan Nelayan di gedung GM Highways and Horizons di New York World Fair. Dibuat untuk menunjukkan pengokohan interior yang rigid dan fitur lainnya lengkap dengan jendela yang dapat dinaikkan dan diturunkan, pintu yang dapat dibuka dan ditutup,” kata rilis pers asli mobil tersebut yang diterbitkan pada 1939.

“Satu-satunya bahan yang kurang adalah isolasi yang biasanya diaplikasikan pada permukaan bagian dalam yang bekerja dengan bahan baru, plastik bening sintetis,” tambah rilis lawas itu.

Ghost Car adalah mobil yang paling dibicarakan kala itu. Pada 1940, Ghost Car menerima front end dan grill yang ditingkatkan. Berlanjut, GM kemudian bergegas membuat replika Plexiglass kedua, kali ini pada sasis Torpedo Eight, yang dipajang di Pameran Golden Gate 1940 di Treasure Island, Teluk San Francisco. Ghost Car yang kedua jejaknya tak ditemukan, tetapi yang pertama masih bertahan sampai saat ini.

Pada 1942, GM membiarkan contoh pertama dipajang di Smithsonian Institution sampai 1947. Mobil kemudian dikirim melintasi AS ke berbagai diler Pontiac, sebelum menjadi bagian dari koleksi pribadi. Ketika dijual pada 2011, mobil memiliki 138 mil (138 km) pada odometer. Bukti bahwa mobil pernah digunakan.

 

Sumber: Jawapos.com

Editor: E Sulaiman



youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU

Pemkab.Pelalawan - HUT Adhyaksa



Sharp Pekanbaru PSBB


UIR PMB Berbasis Rapor

EPAPER RIAU POS  2020-08-08.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com