STAY AT HOME

Dikepung Corona, Trafik dan Layanan Komunikasi Telkomsel Meningkat

Ekonomi-Bisnis | Selasa, 07 April 2020 - 21:33 WIB

Dikepung Corona, Trafik dan Layanan Komunikasi Telkomsel Meningkat
Ilustrasi: BTS mobile Telkomsel (Istimewa)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) -- Indonesia dan banyak negara lainnya masih berjuang memutus rantai penularan wabah virus corona jenis baru atau Covid-19. Dampaknya, banyak dari masyarakat kini masih beraktivitas di rumah atau stay at home seperti belajar, bekerja, dan beribadah.

Masih tingginya angka paparan Covid-19 di Indonesia setiap hari memaksa masyarakat untuk tetap berdiam diri di rumah. Karena hal tersebut, trafik jaringan dan layanan komunikasi berbasis broadband oleh operator seluler (opsel) juga masih tinggi.

Yang terbaru, opsel Telkomsel mencatat peningkatan trafik jaringan dan layanan komunikasi berbasis broadband yang meningkat sebanyak 16 persen. Hal tersebut terjadi sejak masyarakat dan pelaku industri mulai menjalankan imbauan dari pemerintah untuk beraktifitas dari rumah.


Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro menyebut, lonjakan trafik komunikasi berbasis broadband secara keseluruhan tersebut juga didominasi oleh tumbuhnya pengguna aplikasi belajar berbasis daring (e-learning) seperti Ruang Guru, aplikasi yang tergabung dalam Paket Ilmupedia, situs e-learning Kampus dan Google Classroom, yang meningkat lebih dari 5404 persen.

Hal tersebut juga didorong dari bertambahnya pelanggan yang memanfaatkan kemudahan akses e-learning melalui paket bebas kuota hingga 30 GB yang dihadirkan Telkomsel seperti aplikasi RuangGuru dan aplikasi Paket Ilmupedia (Zenius, Bahaso, Cakap, Sekolahmu, Rumah Belajar, Quipper dan ratusan situs e-learning kampus).

"Selain itu, terjadi peningkatan pengguna layanan aplikasi penunjang layanan bekerja atau meeting conference secara daring seperti Zoom, Microsoft Teams dan CloudX Telkomsel sebesar lebih dari 443 persen," ujar Setyanto melalui keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com.

Sebelumnya, sebagai bentuk dukungan untuk segmen pelanggan korporasi yang ingin terus produktif dalam menjalankan pekerjaan dari rumah, Telkomsel telah menghadirkan kemudahan proses bekerja secara daring melalui paket bebas kuota data hingga 60 GB untuk akses aplikasi CloudX Telkomsel yang merupakan solusi bisnis korporasi dalam bentuk layanan komunikasi berbasis cloud untuk chatting dan meeting yang dapat diakses melalui tablet, handphone dan desktop.

Sejak diluncurkan pertama kali pada Januari 2020, jumlah perusahaan yang menggunakan aplikasi CloudX Telkomsel dikatakan tumbuh sebesar 2100 persen.

Telkomsel mencatat pergerakan trafik komunikasi layanan media sosial cenderung stabil. Namun untuk trafik layanan komunikasi pesan instan (melalui Whatsapp, Line, dan Telegram) tumbuh sebesar 40 persen dan Games Online meningkat sebesar 34 persen.

Melonjaknya trafik payload games online juga diikuti dengan tumbuhnya pengguna aktif game portal and media platform milik Telkomsel, Dunia Games sebesar 56 persen dibandingkan periode yang sama bulan sebelumnya.

Sementara untuk layanan hiburan seperti streaming video seperti melalui Youtube dan MAXstream, terjadi lonjakan trafik payload sebesar 17 persen. Lonjakan tersebut juga didukung dengan tumbuhnya jumlah pengguna layanan streaming video on demand MAXstream sebesar 18 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Dalam memastikan kualitas jaringan yang prima di wilayah residensial, Rumah Sakit Rujukan dan Rumah Sakit Darurat COVID-19, Telkomsel juga telah melakukan antisipasi dengan mengoptimalkan fungsi seluruh spektrum besar yang dimiliki, yakni frekuensi 900, 1800, 2100, dan 2300 Mhz, yang sudah tersedia di seluruh BTS yang menjangkau kawasan tersebut.

Sumber: JawaPos.com
Editor: Erizal




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

Fekon Unand

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-07-04.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com