Serba-Serbi Motor ATV, Kendaraan yang Tangguh di Semua Medan!

Ekonomi-Bisnis | Selasa, 09 Maret 2021 - 10:11 WIB

Serba-Serbi Motor ATV, Kendaraan yang Tangguh di Semua Medan!
Motor ATV

BAGIKAN



BACA JUGA


(RIAUPOS.CO) - Di masa sekarang ini, untuk pergi ke mana pun sudah semakin mudah. Bahkan, untuk pergi ke daerah yang sulit untuk dijangkau pun Anda bisa dengan memakai kendaraan tertentu. Salah satu jenis kendaraan yang bisa dipakai hampir di semua medan adalah ATV. Motor yang satu ini sekilas mirip dengan mainan anak-anak karena bentuknya yang memang mirip mainan. Padahal, ATV merupakan kendaraan bermotor dengan roda empat yang dikendarai layaknya menaiki sepeda motor. Untuk lebih jelas mengenai kendaraan ini, simak ulasannya di bawah ini, ya.

1. Bisa Dikendarai di Semua Medan


ATV adalah singkatan dari All Terrain Vehicle. Dari namanya saja sudah jelas kalau motor ini bisa dipakai hampir di semua medan. Medan yang menyulitkan seperti medan berpasir, berlumpur, hingga bergelombang pun bisa dilalui dengan memakai ATP. Tidak heran jika kendaraan yang satu ini seringkali dipandang sebagai kendaraan untuk menjelajah. Kendaraan ini juga seringkali ditemukan di beberapa tempat wisata yang mengedepankan konsep penjelajahan. Jadi, meskipun namanya ATV, kendaraan yang satu ini sebenarnya lebih cocok disebut dengan OTV atau Off-road Terrain Vehicle.

2. Mampu Menarik Kendaraan Lainnya

Dari kejauhan, ATP adalah kendaraan kecil yang lincah. Tahukah Anda? Ternyata ATP bisa Anda gunakan untuk menarik benda berat atau pun kendaraan lainnya, lho! Kendaraan beroda empat ini bahkan memiliki tenaga yang cukup besar meskipun dimensi tubuhnya kecil. Jadi, Anda bisa menggunakan ATP ini untuk memindahkan atau menderek kendaraan lainnya. Tidak perlu lagi deh kendaraan besar kalau Anda memiliki ATP ini.

3. Dapat Dipakai di Jalan Raya

Di daerah perkotaan, kendaraan yang satu ini mungkin sangat asing. Akan tetapi, Anda perlu tahu kalau All Terrain Vehicle ini ternyata bisa dipakai untuk berkendara di jalan raya atau jalanan beraspal, lho! Tentunya, untuk bisa memakainya di jalan raya ini tidak bisa sembarangan, kendaraan harus dilengkapi dengan surat-surat lengkap terlebih dahulu, yakni berupa BPKP dan STNK. Sekarang, Anda bisa mengurus kelengkapan suratnya tersebut di kantor polisi. Daftarkan saja kendaraan Anda tersebut ke sana dan Anda pun akan bisa memakainya dengan bebas di jalanan.

4. Persamaan dengan Sepeda Motor Sangat Sedikit

Bank BJB

Banyak yang mengategorikan kendaraan yang satu ini sebagai sepeda motor. Padahal, dibandingkan dengan persamaannya, perbedaannya jauh lebih banyak. Persamaan ATV dengan sepeda motor terletak pada posisi duduknya yang dijepit dengan kaki serta tangka untuk bensin yang berada di depan. Lalu, setangnya pun sama dengan sepeda motor. Akan tetapi, selain itu tidak ada lagi persamaannya. Bahkan, ketika akan mengendarainya, Anda butuh untuk beradaptasi terlebih dahulu.

5. Perlu Adaptasi dalam Mengendarainya

Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, meskipun bentuknya mirip dengan sepeda motor, kendaraan beroda empat ini tetaplah berbeda ketika dikendarai. Bahkan, ketika mengendarainya Anda perlu beradaptasi. Pertama, Anda perlu terbiasa untuk mengoperasikan gas yang bukan dari selongsong di setang. Gas kendaraan motor dikendarikan melalui pengendalinya yang ada di jempol. Ketika awal, mungkin agak aneh dan kaku, tetapi kalau sudah mencoba beberapa kali Anda akan terbiasa.

Selain posisi gas, posisi menikung pun juga berbeda. Ketika Anda mengendarai sepeda motor, biasanya badan dari pengendara juga akan mengikuti arah tikungan, seperti berbelok ke kiri, Anda harus mencondongkan badan ke kiri juga. Berbeda dengan itu, cara mengendarai motor ATV ketika berbelok ini berlawanan. Jadi, ketika Anda berbelok ke kiri, Anda perlu mencondongkan badan ke kanan dan begitu pula sebaliknya. Tujuannya adalah agar motor tidak terbalik terutama ketika Anda mengendarai di medan yang tidak merata. Kalau motor akan terbaik, jangan sekali-kali menahannya dengan kaki. Langsung saja Anda melompat jauh karena bobot motor ini sangat berat bahkan bisa lebih dari 2 kwintal, lho.

6. Harga Motor yang Beragam

Tidak hanya bisa dikendarai di momen liburan, Anda pun bisa memiliki motor ATV ini di rumah untuk dikendarai layaknya kendaraan biasa. Kendaraan yang satu ini akan sangat membantu Anda terutama kalau daerah di sekitar rumah merupakan daerah yang agak sulit untuk dilewati dengan kendaraan biasa. Tidak hanya itu, motor ini pun bisa Anda kendarai layaknya motor biasa di jalan raya kalau Anda memiliki surat lengkapnya. Untuk membeli motor ini pun Anda bisa langsung ke toko offline atau pun online dan memesannya.

Jenis dari motor ATV ini cukup banyak dilihat dari ukuran maupun modelnya. Tidak heran jika harganya pun juga sangat beragam. Harga motor yang satu ini dibanderol mulai dari 9 jutaan hingga ratusan juta rupiah. Yang pasti, kelengkapan fitur dan juga kenyamanannya sangat bergantung pada harganya tersebut. Untuk itu, Anda perlu mengecek masing-masing fitur kendaraan dan dicocokkan dengan kebutuhan Anda untuk memiliki ATV ini.

Mengapa Perlu Berkendara dengan Motor ATV?

Sekarang ini, liburan dengan beragam aktivitas fisik atau liburan yang menawarkan pemandangan tiada duanya adalah hal yang paling banyak dicari penlancong. Bagaimana tidak, dengan kedua hal itu, Anda akan merasakan berada di tempat yang asing dan melupakan sejenak aktivitas dan pekerjaan di rumah. Sekarang, Anda bahkan bisa memesan ATV ini, lho. Sebelum memesannya, Anda perlu tahu manfaat mengendarai kendaraan beroda empat ini.

1. Mengatasi Stress

Karena ATV bisa dinaiki di medan apa pun, tentunya Anda bisa menerjang medan yang berat sekali pun dengan kendaraan ini. Hal itu tentunya juga akan menjadi aktivitas yang menantang. Tidak heran jika kemudian mengendarai ATV adalah salah satu hal yang bisa membantu Anda mengatasi stress. Dengan adrenalin yang terpacu ketika mengendarainya, rasa jenuh karena kegiatan sehari-hari yang monoton juga akan berkurang. Untuk itu, kalau Anda ingin melepas stress, tidak ada salahnya mengendarai ini atau memiliki satu jenisnya di rumah.

2. Mengembalikan Mood

Hal kedua yang juga menjadi manfaat dari mengendarai motor ATV adalah mood bisa kembali. Mood bisa turun ketika Anda terlalu bosan atau sudah lelah dengan hal-hal yang itu-itu saja. Mengendarai motor ATV adalah salah satu aktivitas yang tentunya tidak biasa. Untuk itu, Anda yang mudah mengalami mood down dan suka berkendara atau sekadar menikmati kondisi sekitar, bisa mencoba memiliki dan mengendarainya. Tidak ada salahnya karena ketika mood naik, Anda tentunya bisa lebih efektif dalam bekerja.

3. Untuk Memudahkan Bekerja

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ATV adalah motor yang bisa digunakan untuk menarik kendaraan atau benda berat lainnya. Ternyata, banyak juga petani yang berada di medan berat bekerja dengan memakai ATV ini. Jadi, ATV ternyata tidak hanya bisa digunakan untuk bersenang-senang dan mengatasi stress, ya. Anda yang bekerja di medan yang berat seperti pegunungan atau pun di hutan juga bisa memanfaatkan ATV ini. Untuk itu, ketahui jenis ATV yang Anda perlukan supaya Anda bisa memanfaatkannya dengan maksimal.

Jenis ATV yang Perlu Anda Tahu

ATV adalah salah satu jenis kendaraan yang biasanya dipakai untuk keperluan yang berbeda. Ada yang menggunakannya untuk kendaraan angkutan berat, ada yang memakainya untuk menderek, dan bahkan ada yang memakainya untuk kebutuhan rekreasi. Untuk itu, jenis dari ATV pun cukup beragam. Beberapa jenis ATV yang umum adalah sebagai berikut.

1. Sport ATV

Di masa sekarang, balapan adalah salah satu hal yang sangat menyenangkan baik untuk pengendara maupun untuk orang yang sekadar melihatnya. Kompetisi motor di masa sekarang bisa melibatkan banyak jenis kendaraan. Salah satunya adalah ATV ini. ATV yang digunakan untuk balapan disebut dengan sport ATV. Karena tujuannya memang untuk balapan, tentunya banyak hal yang membedakannya dengan kendaraan untuk liburan.

Hal utama yang paling membedakannya dengan kendaraan untuk liburan tetunya dari performanya. Motor sport ATV dirancang untuk kecepatan tinggi dan tikungan sempit. Tentunya, motor ini lebih gesit dan memiliki suspensi tinggi. Banyak motor yang dirancang dengan mesin bertenaga tinggi yang tentunya bisa digunakan untuk bersaing dengan motor lainnya.

2. Utility ATV

Sama halnya dengan namanya, motor utility dibuat untuk orang yang bekerja dan berburu di daerah yang sulit dijangkau. Karena digunakan untuk berburu, motor yang satu ini cenderung besar dan memiliki banyak fitur atau aksesori lain yang digunakan untuk menunjang pekerjaan. Biasanya, selain orang yang bekerja di hutan, orang-orang yang bekerja di pertanian pun banyak yang membutuhkannya.

Karena sering digunakan untuk mengangkut dan menderek juga, motor jenis ini biasanya memiliki tempat tambahan berupa rak multifungsi untuk meletakkan barang. Tidak hanya itu, rak multifungsi juga memiliki kemampuan tersendiri untuk menarik atau menderek. Karena termasuk besar dan berfasilitas lengkap, tidak jarang orang memamai jenis ATV yang satu ini untuk rekreasi.

3. Recreational ATV

Berbeda lagi dengan kendaraan sebelumnya, motor recreational ini lebih cocok digunakan untuk Anda yang suka mendaki gunung, berkemah, atau berkendara di medan berlumpur tanpa perlu kesulitan. Dengan memakai motor yang satu ini, tentunya Anda tidak perlu kelelahan untuk mendaki dengan memanfaatkan motor yang satu ini. Karena dirancang untuk aktivitas rekreasi di luar ruangan, motor recreational ATV menawarkan fasilitas yang seimbang untuk bekerja dan bermain. Dibandingkan dengan motor sport, jenis recreational memang lebih besar tetapi tidak sebesar utility. Jadi, Anda akan bisa memakainya untuk melewati medan sulit tanpa perlu kesusahan.  

4. Youth ATV

Dibandingkan dengan jenis motor yang lainnya, youth ATV memiliki ukuran yang jauh lebih kecil karena ukuran mesinnya pun juga lebih kecil, yakni antara 70 hingga 250 cc. motor yang satu ini banyak digunakan untuk bersenang-senang sehingga bisa mencapai kecepatan tinggi. Motor yang satu ini lebih banyak digunakan oleh anak muda yang mencari keseruan untuk melewati beragam lintasan paling basic. Jadi, Anda yang ingin mengenal dunia off-road pun sebaiknya memilih jenis yang satu ini.

Nah itulah berbagai serba-serbi mengenai motor ATV. Ternyata, tidak hanya untuk berekreasi, motor roda empat yang satu ini juga banyak digunakan untuk bekerja maupun mendaki gunung. Kalau Anda ingin memilikinya, sekarang bisa mencarinya di toko online, lho. Jangan lupa memilih motor yang sesuai dengan kebutuhan, ya.(ifr)




Pemkab Rokan Hulu



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


EPAPER RIAU POS  2021-11-27.jpg


OPINI

Atan Sengat 2021-11-11 10:36:44
Steve Rick Elson Mara, S.H., M.Han Semangat Bela Negara dari Timur Indonesia 11 November 2021



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com