REDENOMINASI RUPIAH NANTI

Prioritas Penanganan Covid-19 Diutamakan

Ekonomi-Bisnis | Kamis, 09 Juli 2020 - 19:14 WIB

Prioritas Penanganan Covid-19 Diutamakan
Kemenkeu memastikan redenominasi rupiah merupakan rencana jangka menengah. Saat ini fokus pemerintah adalah menangani Covid-19. (DERY RIDWANSAH/JAWAPOS.COM)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) -- Pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan (Kemenkeu) buka suara soal wacana redenominasi rupiah atau penyederhanaan nilai mata uang. Sebab, akhir-akhir ini isu redenominasi mata uang Garuda tengah ramai dibicarakan masyarakat.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengaku, rencana redenominasi tersebut masuk dalam rencana strategi (renstra) Kemenkeu lima tahunan. Namun, untuk saat ini pihaknya belum memprioritaskan mengeksekusinya.


"Saya paham kenapa Anda semua heboh, Anda semua melihatnya hari ini sama seperti itu. Tapi kan kita juga tetap kasih perencanaan dan harus," ujar Sri Mulyani di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (9/7).

Sri Mulyani mengungkapkan, rencana tersebut memang telah disampaikan oleh Bank Indonesia (BI). Namun, untuk saat ini pemerintah harus memprioritaskan hal yang terpenting terlebih dahulu yaitu penanganan Covid-19.

"Jadi, sekarang kita (fokus) Covid-19 dulu lah. Itu (redenominasi) kan jangka menengah," imbuhnya.

Sri Mulyani memastikan, pihaknya akan selalu memberikan informasi mengenai rencana Kementerian Keuangan kepada anggota dewan. Termasuk, mengenai redominasi rupiah. "Kan kita harus selalu meng-update kepada DPR untuk menyampaikan apa-apa yang disebut perencanaan legislasi dari jangka menengahnya," tukasnya.

Sumber: Jawapos.com
Editor: Rinaldi

 



youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU

Pemkab.Pelalawan - HUT Adhyaksa



Sharp Pekanbaru PSBB


UIR PMB Berbasis Rapor

EPAPER RIAU POS  2020-08-12.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com