INDUSTRI KERTAS

Politeknik Bengkalis Fasilitasi Kunjungan Industri ke Indah Kiat

Ekonomi-Bisnis | Kamis, 09 Desember 2021 - 23:06 WIB

Politeknik Bengkalis Fasilitasi Kunjungan Industri ke Indah Kiat
Peserta Menara Vokasi Riau saat melakukan kunjungan ke PT IKPP yang difasilitasi Polbeng, di Kantor PT IKPP di Perawang Rabu (8/12/2021). (POLITEKNIK BENGKALIS FOR RIAUPOS)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Salah satu rangkaian gebyar Menara Vokasi  Riau 2021 yang berlangsung sejak 7-8 Desember 2021, adalah kunjungan industri, yang berlangsung Rabu (9/12/2021).

Tepat di hari kedua, Rabu (9/12/2021) selain berlangsung kegiatan pameran dan unjuk karya cipta vokasi di Ska Co-ex adalah kunjungan industri ke  PT Indah Kiat di Kota Perawang, Kabupaten Siak.

Yamaha Alfa Scorpii

Para peserta yang dihadiri oleh Kasubag TU Mitras DUDI, Yudil Chatim dari Direktorat kemitraan dan Penyelarasan DUDI Kemendikbudristrek RI, sekaligus pengarah Menara Vokasi Riau, Direktur Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) Johny Custer, Direktur PCR Dr M Yanuar Hariawan, Wakil Direktur Bidang Kerjasama Polkam Ridwan, Kajur dan Dosen dari Politeknik, beberapa kepala sekolah SMKN di Riau dan staff bidang vokasi Dinas Pendidikan dan Kabid dari Dinas Tenaga Kerja Provinsi Riau,  di sambut langsung oleh Humas PT Indah Kiat, Armadi.

Armadi memberikan penyambutan dan menyampaikan, visit industri diharapkan sebagai langkah awal untuk memulai  kolaborasi dengan industri dalam mengurai program yang termaktub di 8 + i link and match, sehingga tidak lagi basa basi dalam mewujudkan lulusan yang sesuai kualifikasi.

Living World Pekanbaru

'Ya, bagus kompetensinya serta memberikan ketauladanan akhlaq (Soft skill) yang terpuji.," ujar Ahamadi.

Setelah Humas PT IKPP  menyampaikan sambutannya, kemudian dilanjutkan FGD bersama narasumber  Direktur Indah Kiat, The Hasanuddin.


FGD yang tidak dirancang tetapi berjalan dengan sambutan awal yang hangat oleh Direktur Indah Kiat dimulai dari pemaparan knowledge industry, effective efficient concept, cost and investment in industry.

 Direktur Indah Kiat juga memberikan motivation and challenge kepada Kepsek SMK dan Direktur Politeknik yang hadir, Hasanuddin berharap ada kontiniunitas program, sehingga bonus demografi dan masuknya era industri 4.0 tidak menjadi kendala.

Tentu kata Hasanudin, ini harus diringi dengan mengaktifkan ruang enterpreneur kepada peserta didik agar tidak hanya mengisi posisi di industri, tetapi bisa mandiri melalui umkm.

Kemudian dilanjutkan sesi questions and answer dari beberapa  Kepsek SMK dan peserta yang hadir, dan terakhir ditutup dengan saran, sharing knowlege dan gagasan dari  Mitras DUDI oleh Yudil Chatim, tentang "Polbeng Siap Menjadi Corporate University-nya DUDI".

"Sebaiknya diupayakan pada tahun 2022 dapat dilaksanakan safari vokasi, yang bisa dilaksanakan di Indah Kiat dengan mengajak UMKM binaan Polbeng atau IKPP, dan pastinya mengajak perusahaan lainnya berkolaborasi dalam safari vokasi 2022 ini," ujarnya.

Setelah kegiatan FGD ditutup, peserta diajak melihat dan berkeliling lingkungan perusahaan, dan berhenti di area home of cut size. Di mana peserta dapat melihat arus prosess pemotongan kertas sampai tahapan packanging.

Kegiatan menara vokasi hari kedua yang sangat menarik dan menambah knowledge tentang industri ini sangat diappresiasi oleh beberapa kepsek yang hadir.(ifr)

Laporan: Abu Kasim (Bengkalis)
Editor: Eka G Putra






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Pemkab Meranti


EPAPER RIAU POS  2022-05-28.jpg

Miyako

Rinnai

Shimizu




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com