OTOMOTIF

Keren, Toyota Siapkan Supra Varian Murah

Ekonomi-Bisnis | Rabu, 12 Februari 2020 - 13:22 WIB

Keren, Toyota Siapkan Supra Varian Murah

JAKARTA (RIAUPOS.CO) – Toyota Supra telah menjadi mobil legendaris sejak resmi pisah dari keluarga Celica. Baru-baru ini, lini Supra juga mendapatkan penyegaran dengan model baru yang merangkul BMW untuk pengembangannya setelah sejak 2002 tak ada lagi pembaruan.

Toyota Supra adalah mobil sport berkemampuan tinggi yang diproduksi oleh Toyota Motor Corporation dari 1978 sampai 2002. Pada mulanya, Supra adalah versi mewah bermesin 6 silinder dari Toyota Celica. Mulai 1986, Supra menjadi mobil sport tersendiri yang tidak ada hubungannya dengan Celica.

Soal Supra, kabar terbaru menyebutkan kalau Toyota berencana membesut varian yang lebih ekonomis dalam waktu dekat di pasar Amerika Serikat (AS). Tak seperti saat ini yang menggunakan mesin yang sama dengan BMW Z4 dengan enam silinder, Supra baru yang lebih terjangkau dikatakan bakal menggendong mesin empat silinder.

Dikutip JawaPos.com dari MotorTrend, Selasa (11/2), Toyota Supra empat silinder diperkenalkan di pasar lain pada saat yang bersamaan dengan varian bermesin enam silinder segaris yang ada saat ini. Namun, satu-satunya pertanyaan adalah kapan mobil tersebut akan diluncurkan.

Dalam sebuah pembicaraan baru-baru ini dengan Ed Laukes, Wakil Presiden Pemasaran Toyota di Chicago Auto Show 2020, di AS, MotorTrend bertanya tentang kemungkinan Supra empat silinder akan segera hadir. Jawaban Laukes adalah tetap mendengarkan dan menunggu sampai minggu depan.

Di AS, pekan depan juga akan dihelat acara balap tahunan Daytona 500. Acara tersebut juga kerap menjadi tempat yang baik untuk pabrikan mengungkapkan informasi apa pun selain pada seri balapan yang didukung oleh Toyota.

Sekarang ada dua jenis mesin 2.0 liter turbocharged tergantung pada pasar. Ada satu yang 194 tenaga kuda dan torsi 236 pon-kaki dan satu yang disetel ke tenaga kuda 255 yang lebih tinggi dan torsi 295 pon-kaki.

Namun, menurut MotorTrend, mesin yang akan digunakan Supra empat silinder akan lebih tinggi, mirip dengan yang ada di BMW Z4 s30i. Rumor tersebut tentu membuat siapapun terutama para penggemar Supra senang. Namun untuk lebih pastinya, tetap harus menunggu hingga pekan depan.

Indonesia juga tak ketinggalan turut kebagian unit Supra. Toyota Astra Motor (TAM) membawa Supra model GR atau GR Supra untuk pasar tanah air.

Mobil tersebut dipasarkan mulai harga Rp2,1 miliaran di Indonesia. Untuk performa, mesin yang dipasan pada mobil Toyota Supra 2020 adalah mesin inline, enam silinder, 24-Valve DOHC, Chain Drive with Variable Valve Timing (IN/EX), Twin Scroll Turbocharger. Mesin berkapasitas 2,998 cc. Sementara pada Supra empat silinder yang akan hadir di pasar AS hanya berkubikasi 2.000 CC saja.

Sumber: Jawapos.com
Editor: E Sulaiman




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-03-31.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com