Jaringan 4G XL Axiata Dukung “Tour de Aceh 2022”

Ekonomi-Bisnis | Sabtu, 14 Mei 2022 - 06:30 WIB

Jaringan 4G XL Axiata Dukung “Tour de Aceh 2022”
Teknisi sedang bekerja dengan perangkat Base Transceiver Station (BTS) milik XL Axiata di Desa Paya Tumpi, Kecamatan Kebayakan, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh, Kamis (12/5/2022). (XL AXIATA FOR RIAUPOS.CO)

BANDA ACEH (RIAUPOS.CO) -  PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperkuat jaringan 4G XL Axiata di Provinsi Aceh, termasuk wilayah Kota Banda Aceh, Kabupaten Aceh Besar, Kabupaten Pidie, Kabupaten Bireuen, dan Kabupaten Aceh Tengah.

Penguatan jaringan 4G XL Axiata ini merupakan upaya XL Axiata untuk turut serta mendukung program pemerintah dalam menyediakan infrastruktur jaringan data yang berkualitas guna mempercepat pemerataan pembangunan nasional di pelosok-pelosok daerah.

Yamaha Alfa Scorpii

Keberadaan jaringan XL Axiata di beberapa kota/kabupaten tersebut juga akan mendukung event balap sepeda Tour de Aceh 2022 yang berlangsung 14-16 Mei 2022 di Takengon, Banda Aceh, dan Aceh Besar.

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi, mengatakan, XL Axiata terus melakukan penguatan jaringan 4G di  Aceh sebagai upaya mendukung pariwisata dan perekonomian daerah, serta peningkatan literasi digital masyarakat.

Living World Pekanbaru

XL Axiata, kata dia,  telah melakukan penambahan BTS di berbagai daerah di Aceh dari tahun ke tahun, sehingga per 31 Maret 2022 lalu total jumlah BTS kami sebanyak 2.100 BTS, termasuk 1.200 BTS 4G.

"Sebagian besar jalur utama yang menghubungkan Banda Aceh ke Takengon di Aceh Tengah melalui beberapa kabupaten juga telah terjangkau jaringan 4G,” jelas Desy dalam siaran pers yang diterima Riaupos.co, Jumat (13/5/2022).


Desy menambahkan, dalam dua tahun terakhir, peningkatan trafik tertinggi terutama terjadi di wilayah Kabupaten Bireuen, Kabupaten Aceh Besar, dan Kabupaten Aceh Tamiang. Di ketiga area itu, trafik meningkat antara 139% hingga 520%. Karena itu, penguatan jaringan juga dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan.

Menurutnya, pertumbuhan trafik data tidak terlepas dari meningkatnya aktivitas digital masyarakat yang semakin menjadi bagian dari keseharian mereka. Selain itu, jumlah pelanggan di seluruh wilayah Aceh juga terus bertambah. Saat ini tercatat lebih dari 666 ribu pelanggan.

Khusus di Kabupaten Aceh Tengah, Kabupaten Pidie, Kabupaten Bireuen, Kabupaten Aceh Besar, dan Kota Banda Aceh, total BTS 4G milik XL Axiata ada sebanyak sekitar 720 unit. Secara total di seluruh Aceh, jumlah BTS 4G per 31 Maret 2022 di seluruh Aceh telah bertambah 450 dari periode yang sama tahun lalu.

Di seluruh Provinsi Aceh juga, jaringan 4G XL Axiata telah menjangkau 22 kabupaten/kota, 187 kecamatan, dan 4220 desa/kelurahan.

Hajatan Tour de Aceh 2022 sendiri merupakan lomba balap sepeda yang diikuti sekitar 200 pesepeda, peserta juga berasal dari Sumatera Utara, Riau dan berasal dari sejumlah daerah. Tour de Aceh 2022 di etape pertama akan mengelilingi Danau Laut Tawar Takengon dengan jarak diperkirakan 50 kilometer, peserta juga akan memperebutkan gelar King of Mountain (KOM).

Kemudian di etape kedua, peserta akan melakukan touring yang dimulai dari Gunung Kulu Aceh Besar melakukan race hingga finis di Museum Aceh- Banda Aceh dengan panjang jalur race diperkirakan 38 kilometer.

 

Laporan: Hary B Koriun

Editor: Edwar Yaman






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Pemkab Meranti


EPAPER RIAU POS  24-meii.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com