ELEKTRONIK

Setelah 20 Tahun, Apple Suntik Mati Ipod

Ekonomi-Bisnis | Minggu, 15 Mei 2022 - 17:02 WIB

Setelah 20 Tahun, Apple Suntik Mati Ipod
IPOD APPLE (INTERNET)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) - Apple resmi mengumumkan penghentian produksi iPod, pemutar MP3 andalan mereka setelah 20 tahun diproduksi. Seperti dilaporkan AFP, iPod menjadi penentu tren yang mengubah cara orang mendapatkan musik dan memunculkan iPhone.

Adapun model iPod yang terakhir kali dibuat adalah iPod Touch. Dengan dimatikannya iPod Touch, maka berakhir pula era iPod yang pertama kali dikenalkan dua dekade lalu.

Yamaha Alfa Scorpii

Saat ini Apple masih menjual iPod Touch dengan harga mulai dari USD 199 dan akan tersedia sampai stoknya habis. Produk hybrid iPhone dan iPod ini tersedia dalam tiga varian yaitu 32 GB, 128 GB, dan 256 GB, serta dalam enam pilihan warna.

“Musik selalu menjadi bagian dari inti kami di Apple, dan membawanya ke ratusan juta pengguna seperti iPod memberikan dampak tidak hanya di industri musik, itu juga mendefinisikan bagaimana musik ditemukan, didengarkan, dan dibagikan,” kata Senior Vice President of Worldwide Marketing Apple Greg Joswiak dalam keterangannya, seperti dikutip dari Cnet.

Sebagai informasi, Apple pertama kali mengenalkan iPod pada Oktober 2001 sebagai pemutar musik MP3 pertama yang bisa menyimpan 1.000 lagu. Saat itu meluncurkan iPod merupakan risiko besar bagi Apple yang masih berusaha untuk bangkit setelah hampir bangkrut dua tahun sebelumnya.

Berkat iPod, Apple berubah menjadi raksasa elektronik seperti sekarang ini. Perangkat ini dengan cepat mendominasi pasar MP3 player, dan iPod bahkan menyumbangkan 40 persen pendapatan Apple pada tahun 2006. Pada tahun 2011, Apple menguasai 70 persen pasar MP3 player global dan hingga saat ini sudah ada 400 juta unit iPod yang terjual.


Selama 20 tahun, lini iPod juga terus diperbanyak. Selain iPod klasik ada juga iPod Mini, iPod Nano, dan iPod Shuffle. Apple berhenti menjual iPod klasik pada tahun 2014, disusul iPod Nano dan iPod Shuffle pada 2017.

Pada tahun 2007, Apple merilis iPod Touch dengan desain yang mirip iPhone generasi pertama lengkap dengan layar sentuhnya. Versi terbaru iPod Touch dirilis pada tahun 2019 dengan fitur yang hampir menyamai iPhone karena bisa digunakan untuk mengambil foto, mengirimkan email, dan melakukan video call.

 

Sumber: Jawapos.com

Editor: E Sulaiman






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



DPRD SIAK





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com