WABAH CORONA

XL-Blok M Bagikan Paket Sembako untuk Masyarakat Terdampak Corona

Ekonomi-Bisnis | Senin, 18 Mei 2020 - 22:22 WIB

XL-Blok M Bagikan Paket Sembako untuk Masyarakat Terdampak Corona
Territory Sales Manager XL Axiata Medan 1, Dani Fardian dan Ketua Blogger Medan (Blog M), Ririn Wandes menyerahkan paket sembako. Donasi ini merupakan hasil pengumpulan dana dari karyawan XL Axiata yang terus dilakukan secara rutin sejak awal terjadinya pandemi. (XL FOR RIAUPOS.CO)

MEDAN (RIAUPOS.CO) - Bantuan dari Keluarga Besar PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus mengalir untuk masyarakat yang terdampak pandemi corona (Covid-19). Berkolaborasi dengan Komunitias Blogger Medan (Blog M), XL Axiata membagikan paket bantuan untuk warga Medan yang terdampak situasi dan kondisi terkait wabah Covid-19. 

Sebagian dana untuk donasi ini merupakan hasil pengumpulan dana dari karyawan XL Axiata yang terus dilakukan secara rutin sejak awal terjadinya pandemi. Penyerahan donasi berlangsung di Kota Medan dan sekitarnya, Senin (18/5/2020). 

Donasi diserahkan langsung oleh Tim XL Axiata dan komunitas Blog M, Senin (18/5). Ikut serta dalam acara ini  Territory Sales Manager Medan 1, Dani Fardian, Ketua Blog M Ririn Wandes dan Humas Blog M Aizendra Yoga.

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi mengatakan, banyak pekerja yang terimbas akibat Covid-19. Mereka adalah orang-orang yang pantang menyerah, tetap berusaha karena harus menghidupi keluarganya. Hasil yang diperoleh memang tidak lagi bisa maksimal seperti dulu ketika kondisi normal. 


"Kepada mereka donasi ini kami salurkan, bekerja sama dengan anak-anak muda komunitas blogger di Medan, Blog M, yang memiliki semangat dan kepekaan tinggi pada kondisi sebagian masyarakat Medan,” jelas Desy dalam siaran pers yang diterima Riaupos.co.

Desy menambahkan, paket bantuan terdiri dari sembako dan uang tunai. Ada sebanyak 60 paket bantuan. Sebelumnya tim XL Axiata dan Blog M telah turun ke lapangan di Kota Medan untuk mengidentifikasi siapa saja masyarakat yang tetap berusaha mencari nafkah dalam situasi dan kondisi yang berat saat ini. Mereka antara lain lain para pemulung, penarik becak dayung, penjual koran, juru parkir, pedagang kecil, penyapu jalan raya, penjual krupuk, penjual balon, dan lain-lain.

Sementara itu, Ketua Blogger Medan (Blog M), Ririn Wandes mengatakan, saat ini anggota Blog M ada lebih dari 60 orang. Dia berharap melalui kegiatan ini, seluruh anggota Blog M bisa menebarkan kebaikan untuk membantu orang-orang di sekitar yang saat ini sedang berusaha mencari rezeki dan membutuhkan bantuan. Menurutnya,  ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tapi semua orang.

"Oleh karena itu, kami mengajak teman-teman lainnya untuk terus sebar kebaikan di mana pun berada, apalagi di bulan suci ini semoga semakin berkah yang kita lakukan untuk orang banyak,” jelas Ririn.

Sebelumnya, XL Axiata juga  bekerjasama dengan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, PFI Pekanbaru, dan PFI Palembang memberikan bantuan kepada komunitas penyandang tuna netra melalui Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni), XL Axiata dan PFI menyalurkan donasi sembako di ketiga kota. 

Total ada sekitar 200 paket sembako yang dibagikan. Di Medan ada 60 paket, sementara itu di Palembang dibagikan 75 paket, dan di Pekanbaru 65 paket. XL Axiata dan PFI berharap paket sembako yang disalurkan bisa bermanfaat buat anggota Pertuni dan keluarga.

Sejak pandemi Covid-19 melanda dan berdampak secara langsung pada kehidupan ekonomi sebagian masyarakat Indonesia, karyawan XL Axiata mengambil inisiatif untuk mengumpulkan donasi dari dana pribadi mereka sendiri. Pengumpulan donasi telah di laksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama terkumpul sebesar Rp 818 juta. Lalu pada tahap kedua terkumpul Rp750 juta.

Dana hasil pengumpulan tahap pertama telah disalurkan untuk donasi 1000 alat pelindung diri (APD) yang diberikan kepada 10 rumah sakit di Jakarta. Sementara itu, dana yang terkumpul dari tahap kedua disalurkan untuk donasi berupa bantuan pangan gratis, masker, vitamin, kebutuhan pokok ibu dan anak dan lain-lain di berbagai daerah di Indonesia, termasuk untuk membantu komunitas tunanetra di beberapa kota di Sumatra.

Ditambahkan Desy, XL Axiata terus berusaha melanjutkan kontribusi dalam mitigasi Covid-19 di Indonesia. Hingga saat ini dukungan untuk bekerja dan belajar dari rumah terus dilanjutkan melalui akses kuota data 2 GB/hari secara gratis. Penguatan jaringan di sekitar rumah sakit rujukan utama pun terus dilakukan. 

Selain itu, bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), XL Axiata telah menyalurkan berbagai bantuan termasuk ribuan alat pelindung diri dan baju hazmat bagi tenaga medis di sejumlah daerah di Indonesia.

Editor: Hary B Koriun

 






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU


Achmad - Idul Fitri

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-05-31.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com