SUMBER DAYA ENERGI

Chevron: Alih Kelola Blok Rokan Berjalan Lancar

Ekonomi-Bisnis | Kamis, 20 Mei 2021 - 21:03 WIB

Chevron: Alih Kelola Blok Rokan Berjalan Lancar
VP Corporate Affairs PT Chevron, Sukamto (ketiga dari kanan), Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang (keempat dari kanan) dan beberapa pengurus PWI Riau lainnya foto bersama seusai acara silatuhrami di Gedung PWI Riau, Pekanbaru, Kamis (20/5/2021). (PWI RIAU FOR RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) bekerja keras untuk memastikan proses alih kelola Blok Rokan berjalan selamat, lancar, dan andal. Pengelolaan Blok Rokan akan beralih ke PT Pertamina melalui Pertamina Hulu Rokan (PHR) pada 9 Agustus 2021 mendatang, pukul 00.00 WIB.

VP Corporate Affairs PT Chevron, Sukamto, menyampaikan hal itu saat bersilaturahmi ke PWI Riau di Gedung PWI Riau Jalan Arifin Ahmad Pekanbaru, Kamis (20/5/2021). Bersama Sukamto, hadir juga staf Corporate Affairs PT Chevron, yakni didampingi Okta Heri Fandi, Yulia Rintawati, dan Wahyu.


Dari pihak tuan rumah hadir Ketua PWI H Zulmansyah Sekedang, Ketua Dewan Penasihat H Helmi Burman, beberapa Wakil Ketua PWI Riau seperti Novrizon Burman, Hary B Koriun, dan Edhar Darlis, beberapa pengurus seksi dan  banyak pengurus lainnya. 
 
Dalam kesempatan tersebut Sukamto menjelaskan beberapa hal terkait dengan proses alih kelola, kondisi terkini PT Chevron, dan berbagai hal lainnya yang penting untuk diketahui masyarakat.

"Insya Allah pengalihan pengelolaan Blok Rokan akan berjalan selamat, lancar dan andal serta yang paling penting memberikan manfaat yang besar untuk masyarakat Riau dan republik ini," ujar Sukamto.

Dikatakan Sukamto, Blok Rokan merupakan salah satu blok minyak terbesar di Indonesia yang beroperasi di 7 kabupaten/kota di Riau, yaitu Bengkalis, Siak, Kampar, Rokan Hulu, Dumai, Rokan Hilir dan Pekanbaru. Blok ini mengelola lebih dari 10 ribu sumur minyak. 

PT Chevron terus berupaya menjaga tingkat produksi dengan tetap menjalankan komitmen investasi pengeboran. Sejak akhir Desember 2020 hingga saat ini, PT CPI telah mengebor 55 sumur baru, di mana 31 sumur baru sudah put on production (POP). 

"Untuk menahan laju penurunan alamiah produksi migas di Blok Rokan, dilakukan investasi pengeboran yang sudah dilaksanakan sejak akhir  tahun 2020 lalu," ungkap Sukamto.

Ditambahkannya, terkait ketenagakerjaan juga telah disepakati bahwa hampir seluruh karyawan PT CPI akan beralih ke operator yang baru nanti.

PHR juga akan melanjutkan program tanggung jawab sosial dan lingkungan. Program ini diprioritaskan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat Riau di bidang pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan ekonomi.

"Secara keseluruhan, PT Chevron selaku operator Blok Rokan telah menyerahkan data kepada Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). Data tersebut di antaranya data kegiatan produksi, eksplorasi, dan pendukung kegiatan operasi," kata Sukamto. 

Ketua PWI Riau, H Zulmansyah Sekedang mengucapkan terima kasih kepada PT Chevron selaku mitra yang selalu mendukung kegiatan yang dilaksanakan PWI Riau selama ini.

Kendati rekan kerja di PT Chevrob akan berpindah menjadi karyawan Pertamina, lelaki yang juga Direktur Utama Riau Televisi ini berharap silahturahmi sebagai pertemanan tetap terjaga.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada kawan-kawan dari PT Chevron yang terus menjaga silaturahmi bersama PWI Riau serta telah mendukung program-program dan kegiatan yang dilaksanakan PWI Riau," ungkap Zulmansyah. 

Editor: Eka G Putra


Bank BJB




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


EPAPER RIAU POS  25-juni.jpg



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com