OTOMOTIF

Wah Keren Nih, Toyota Siapkan Yaris SUV

Ekonomi-Bisnis | Jumat, 21 Februari 2020 - 13:30 WIB

Wah Keren Nih, Toyota Siapkan Yaris SUV
INTERNET

JAKARTA (RIAUPOS.CO) - Mobil sub compact SUV baru tengah dipersiapkan Toyota. Menariknya, mobil tersebut akan menggunakan platform yang sama dengan supermini Yaris terbaru dan akan diungkap pada awal Maret mendatang.

Toyota telah mengonfirmasi bahwa SUV kecil barunya akan diluncurkan di Geneva Motor Show 2020 yang dihelat pada 7 sampai 17 Maret. Model baru tersebut sebagaimana dilansir JawaPos.com dari AutoExpress, Rabu (19/2), dibuat untuk menyaingi Nissan Juke dan Renault Captur, dan beberapa model sub compact SUV lainnya.

Mobil tersebut akan menggunakan platform G-AB yang baru dikembangkan dan disematkan pada Yaris baru. Toyota telah mengonfirmasi juga bahwa mobil tersebut akan menggunakan sistem penggerak semua roda atau all wheel Drive yang cerdas dan ditenagai oleh powertrain hybrid. Mobil tersebut akan dibangun di Prancis bersama Yaris dan disebut akan secara spesifik mulai dipasarkan di Eropa terlebih dahulu.

Berbicara kepada Auto Express pada 2019 lalu, pihak Toyota mengakui bahwa perusahaannya sudah mempertimbangkan untuk memperluas jajaran SUV-nya di kisaran yang lebih kecil.

“Segmen SUV secara umum terus tumbuh. C-HR bermain di ujung paling atas dari apa yang hampir bisa menjadi semacam SUV C segmen crossover. Itu tidak benar-benar bersaing dengan produk lain seperti Qashqai atau penawaran yang lebih praktis lainnya,” ujar pihak Toyota kala itu.

Model baru Toyota itu diharapkan hanya beberapa milimeter lebih panjang dari Yaris. Panjangnya disebutkan akan lebih dari empat meter, dan sekitar 40 mm lebih tinggi untuk memberikan posisi tempat duduk yang lebih nyaman dan diinginkan pelanggan di pasar ini.

Toyota juga memperpanjang jarak sumbu roda sehingga memberikan ruang kaki di belakang sedikit lebih lega. Itu untuk melawan kompetitor seperti Renault Captur dan khususnya Citroen C3 Aircross dan Skoda Kamiq.

Fitur elektrifikasi akan disematkan di jantung pacunya, mengingat posisi harga yang sedikit lebih tinggi di atas Yaris. Toyota dapat memilih untuk menghindari mesin bensin 1.0-liter supermini entry-level dan membuat line-up penawaran baru yang sepenuhnya hybrid.

Model SUV baru menggunakan powertrain hybrid berbasis bensin 1,5 liter yang sama dengan Yaris. Penawaran mesin 1,5 liter yang lebih konvensional, termasuk gearbox manual pada mobil CVT Toyota yang sudah dikenal, juga dapat disediakan sesuai dengan permintaan pasar.

Kendaraan ini ditawarkan dengan suspensi belakang multi-link yang lebih canggih. Di bagian dalam diharapkan akan mendapatkan set-up infotainment yang sama dengan model Yaris kelas atas, dengan layar head up 10 inci dan layar sentuh sentral besar yang menggabungkan Apple CarPlay dan Android Auto.

 

Sumber: Jawapos.com

Editor: E Sulaiman




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-03-31.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com