Syamsuar Terima Penghargaan KIP Riau

Ekonomi-Bisnis | Sabtu, 22 Desember 2018 - 14:30 WIB

PEKANBARU (RIAUPOS.CO)-Komisi Informasi Provinsi Riau menggelar acara Pemeringkatan dan Penganugerahan Badan Publik se-Provinsi Riau 2018 di Hotel Pesonna Pekanbaru, Jumat (21/12). Bupati Siak H Syamsuar MSI, dalam momen ini menerima penghargaan sebagai Penggagas Keterbukaan Informasi Publik.

Penghargaan khusus ini diberikan karena Syamsuar dinilai intens menginformasikan perkembangan dan kemajuan daerah khususnya Kabupaten Siak. Sayangnya bupati berhalangan menerima penghargaan karena masih dalam perjalanan dari Jakarta usai menerima penghargaan di Istana Wapres.


Demikian diungkapkan Kadiskominfo Siak Arfan Usman, Jumat (21/12), usai menerima penghargaan. “Alhamdulillah Bupati mendapat penghargaan khusus pada KI Award 2017, sebagai penggagas keterbukaan informasi publik,” kata Arfan.

KI Riau Award 2018 ini merupakan bentuk apresiasi terhadap badan publik yang memberikan layanan dan keterbukaan informasi kepada masyarakat. Ada lima kategori yang ditetapkan oleh KI Riau dalam pemeringkatan dan penganugerahan badan publik. Adalah kategori OPD provinsi, kategori kabupaten/kota, kategori partai politik, kategori BUMD, kategori perguruan tinggi.

Pada tahun ini juga diberikan penghargaan kategori khusus kepada tokoh atau lembaga yang mendukung keterbukaan informasi publik. Komisioner KI Pusat, Cecep Suryadi mengatakan, bahwa penganugerahan ini bukan bentuk kontestasi prestasi siapa yang terbaik tapi lebih kepada bagaimana memaksimalkan fungsi PPID di setiap badan publik dalam mengakomodir kebutuhan dan keterbukaan informasi yang diberikan atau diminta oleh pemohon informasi.

Ke depannya akan keluar satu perpres mengenai satu data informasi untuk menjaga keakuratan data yang diberikan. Kategori OPD di lingkungan Provinsi Riau diraih oleh Dinas Kesehatan sebagai peringkat ketiga, Disnakertrans berada pada peringkat kedua dan Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Provinsi Riau sebagai peringkat pertama.

Kategori kabupaten/kota diberikan kepada Kabupaten Rokan Hulu sebagai peringkat ketiga, Kabupaten Kampar peringkat kedua dan Kabupaten Bengkalis sebagai peringkat pertama. Kabupaten Siak tahun ini baru mendapatkan kesempatan sebagai nominator kategori kabupaten/kota.

Kategori partai politik peringkat ketiga diraih oleh PAN, kedua diraih oleh PPP dan peringkat pertama diraih oleh Nasdem. Kategori BUMD peringkat ketiga diraih oleh PT BSP, PT Jamkrida berada pada peringkat kedua, PT PIR berhasil diperingkat pertama.

Kategori perguruan tinggi diraih oleh Poltekes Kemenkes Provinsi Riau sebagai peringkat kedua dan Universitas Riau sebagai peringkat pertama. Tahun ini kategori perguruan tinggi hanya ada dua nominator.

Diskes Rohul Lawan Covid-19

Penghargaan khusus KI Riau Award 2018 yaitu Pelopor PPID Utama diberikan kepada Dinas Kominfo dan Statistika Provinsi Riau, Penggerak Keterbukaan Informasi Publik diberikan kepada FITRA Provinsi Riau, Penggagas Keterbukaan Informasi Publik diberikan kepada Drs H Syamsuar MSi dan PPID INHU sebagai peraih PPID Kreatif dan Inovatif.(adv)








youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-11-23.jpg

loading...
PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com