PENERBANGAN

Boeing Hentikan Produksi 737-Max

Ekonomi-Bisnis | Kamis, 23 Januari 2020 - 13:30 WIB

Boeing Hentikan Produksi 737-Max
INTERNET

JAKARTA (RIAUPOS.CO) – Raksasa aviasi Boeing akhirnya memberlakukan penangguhan produksi pesawat 737-Max. Pemberhentian pengerjaan generasi terakhir seri 737 itu diklaim bakal berlangsung enam bulan. Namun, publik sudah telanjur sangsi terhadap klaim perusahaan tersebut.

Menurut CNN, pabrik perakitan di Renton, Washington, sudah tak lagi beroperasi mulai Senin lalu. Pemberhentian itu datang satu bulan setelah Boeing mengumumkan keputusan tersebut.


”Saat ini prioritas utama kami adalah mengembalikan produksi 737-Max,” tulis Boeing seperti yang dilansir New York Times.

Di bawah kepemimpinan baru, perusahaan yang didirikan William Boeing itu lebih bertindak hati-hati. Mereka tak lagi mengungkapkan target tak masuk akal terkait kembalinya 737-Max di udara. Mereka hanya menargetkan penerbitan izin pesawat tersebut pada pertengahan 2020.

Hal tersebut jelas berbeda dengan perkiraan mantan CEO Dennis Muilenburg, yakni akhir 2019. Target pertengahan itu pastinya disusul dengan integrasi dengan jadwal komersial. Lalu, melatih kembali pilot untuk mengoperasikan 737-Max yang baru.

Kabarnya, izin terbang bisa didapat Boeing pada akhir kuartal 1 2020 jika Federal Aviation Administration (FAA) tak menemukan masalah baru. Namun, CEO baru Boeing David Calhoun tak ingin kembali mengingkari janji.

”Kami menyadari bahwa konsumen, pengambil kebijakan, dan pemasok merasa kecewa dengan situasi ini,” ungkap Boeing.

Menurut Agence France-Presse, Boeing sendiri harus mencari dana USD 10 miliar (Rp 136 triliun) untuk mempertahankan program 737-Max. Saat ini Boeing baru mendapatkan pinjaman USD 6 miliar (Rp 81 triliun) dari beberapa bank besar.

Sumber: Jawapos.com
Editor: E Sulaiman




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

Fekon Unand

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-07-03.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com