TRIWULAN I PLN CATATKAN PERTUMBUHAN 8,62 PERSEN

Penjualan Listrik Riau-Kepri Tumbuh 43,8 Persen

Ekonomi-Bisnis | Senin, 23 Mei 2022 - 09:36 WIB

Penjualan Listrik Riau-Kepri Tumbuh 43,8 Persen
Petugas PLN sedang melakukan pemeliharan jaringan listrik di Jakarta, beberapa waktu lalu. (JPG)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Listrik menjadi energi perangsang geliat ekonomi Indonesia setelah sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19. Naiknya konsumsi listrik pun menjadi pertanda perekonomian nasional mulai bangkit.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Diah Ayu Permatasari mengatakan, penjualan listrik hingga April 2022 mencapai 88.803 Gigawatt hour (GWh) atau tumbuh 8,62 persen dibanding periode yang sama pada tahun lalu sebesar 81.756 GWh (YoY).

Yamaha Alfa Scorpii

Angka ini lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan I, yaitu sebesar 5,01 persen year on year (yoy). "Kenaikan penjualan listrik ini menandai perekonomian Indonesia mulai bangkit, sebab permintaan listrik sejalan dengan pertumbuhan ekonomi," kata dia dikutip, Ahad (22/5).

Pertumbuhan penjualan listrik tertinggi hingga April 2022 terjadi di Riau dan Kepulauan Riau, yaitu sebesar 43,8 persen. Kemudian wilayah dengan pertumbuhan penjualan listrik kedua tertinggi adalah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat sebesar 23,5 persen. "Disusul wilayah Bangka Belitung dengan pertumbuhan sebesar 12,8 persen dibanding tahun lalu," jelasnya.

Peningkatan penjualan listrik tersebut dipicu oleh berbagai program transformasi yang dilaksanakan secara berkelanjutan. Ini juga didorong pencanangan program intensifikasi dan ekstensifikasi penjualan yang dilaksanakan oleh PLN selama pemulihan ekonomi pasca pandemi ini. "Kami terus melakukan inovasi untuk mendorong penjualan listrik. Untuk pelanggan rumah tangga, kami mendorong electrifying lifestye. Ibarat kata, kami tidak mau berpuas diri dari capaian hari ini," terang Diah.

Tak hanya itu, PLN juga terus menggali pasar potensial di berbagai sektor. Misalnya, program electrifying agriculture dan electrifying marine untuk sektor pertanian, peternakan, perkebunan, dan perikanan serta kelautan. "Sejumlah strategi yang dilakukan PLN merupakan bentuk dukungan perseroan dalam menggerakkan perekonomian dengan menghadirkan listrik untuk kegiatan-kegiatan produktif," ujarnya.(esi)


Laporan JPG, Jakarta






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



DPRD SIAK





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com