EKONOMI-BISNIS

Usaha Keripik Nanas Sakinah Tetap Eksis di Tengah Pandemi Covid-19

Ekonomi-Bisnis | Selasa, 23 November 2021 - 09:41 WIB

Usaha Keripik Nanas Sakinah Tetap Eksis di Tengah Pandemi Covid-19
Penyerahan bantuan motor roda tiga kepada Kelompok Usaha Keripik Nanas Sakinah di Kanwil BRI Pekanbaru, belum lama ini. (HUMAS BRI FOR RIAU POS)

Pekanbaru (RIAUPOS.CO) - Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung sejak awal 2020 lalu di Riau, banyak menimbulkan dampak bagi dunia usaha. Banyak usaha yang harus tutup akibat merugi karena tidak ada lagi masyarakat yang membeli karena kegiatan yang dibatasi.

Namun hal tersebut tidak terjadi pada usaha keripik nanas yang tergabung dalam keloKRIPIK NANASmpok usaha Sakinah di Kabupaten Kampar. Meskipun di tengah kondisi pandemi Covid-19, kelompok usaha ini tetap bisa eksis dan terus memproduksi keripik nanas.


Ketua kelompok usaha Sakinah, Mardanis mengatakan, pada saat kondisi pandemi Covid-19, meskipun ada penurunan omset, namun pihaknya tetap berusaha memproduksi keripik nanas. "Memang ada dampaknya saat pandemi, tapi kami tetap berusaha eksis. Hal tersebut dilakukan agar usaha tetap bisa berjalan," katanya.

Diakui Mardanis, saat pandemi Covid-19, permintaan akan produk keripik nanas sempat berkurang, terutama dari luar daerah seperti Sumatera Barat. Namun untuk permintaan dari lokal Riau masih tetap ada.

"Biasanya kami kirim produk keripik nanas sampai ke Sumatera Barat, tapi saat ini berkurang. Namun untuk yang dikirim ke Pekanbaru masih ada," ujarnya.

Dengan terus menurunnya penambahan kasus Covid-19 saat ini, menurut Mardanis juga mulai berdampak pada peningkatan produktivitas mereka. Di mana saat ini beberapa gerai oleh-oleh di Pekanbaru sudah mulai meminta tambahan produk keripik nanas mereka.

"Sekarang permintaan sudah mulai meninggalkan, ini kemungkinan akibat mulai dibukanya kembali pariwisata di daerah. Kami berharap pandemi ini bisa segera berakhir," harapnya.

Peningkatan jumlah produksi tersebut, menurut Mardanis juga tidak terlepas dari adanya bantuan pihak luar. Seperti dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang memberikan bantuan peralatan pendukung pemanenan bahan baku keripik nanas.

Bank BJB

"Alhamdulillah beberapa waktu lalu, kami mendapatkan bantuan dari pihak BRI yakni berupa dua unit motor roda tiga dan 30 buah keranjang kontainer plastik," katanya.

Atas bantuan tersebut, pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada BRI. Pihaknya berharap agar kepedulian BRI terhadap usaha kecil dapat terus ditingkatkan.

"Terima kasih kami ucapkan atas bantuan yang diberikan pihak BRI. Bantuan tersebut sangat membantu pro­ses produksi kami," ujarnya.(ifr) 

Laporan SOLEH SAPUTRA, Pekanbaru




Pemkab Rokan Hulu



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


EPAPER RIAU POS  ajsdjasda.jpg


OPINI

Atan Sengat 2021-12-01 11:18:12
RUBAIDA ROSE guru MA Ponpes Nurul Islam Kampung Baru Kuantan Singingi Redefinisi Makna Belajar buat Guru 01 Desember 2021



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com