Indomaret dan Inaco Kembali Gelar Pelatihan dan Bantu Pelaku UMKM di Kota Dumai

Ekonomi-Bisnis | Kamis, 24 November 2022 - 11:06 WIB

Indomaret dan Inaco Kembali Gelar Pelatihan dan Bantu Pelaku UMKM di Kota Dumai
Marketing Microeconomics Indomaret Faris Huda Oktavian (kanan) menĀ­jelaskan mengenai produk peserta kepada Asisten II Sekretariat Pemko Dumai H Syahrinaldi (kiri), didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sepranef Syamsir AP (tengah) saat kegiatan kewirausahaan mandiri untuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Pendopo Sri Bunga Tanjung Kota Dumai, Rabu (23/11/2022). (EVAN GUNANZAR/RIAU POS)

DUMAI (RIAUPOS.CO) - Indomaret kembali menggelar pelatihan kewirausahaan mandiri untuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Pendopo Sri Bunga Tanjung Kota Dumai, Provinsi Riau, Rabu (23/11).  Kegiatan ini diikuti sebanyak 75 peserta yang berasal dari Kota Dumai.

Sebelumnya, Indomaret sukses menggelar kegiatan  pelatihan kewirausahaan mandiri untuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Siak. Kegiatan ini  merupakan wujud komitmen dari Indomaret dan disponsori oleh Inaco  untuk merangkul usaha kecil agar terus berkembang dan bersaing dalam menjalankan usaha.


Kegiatan ini mengusung tema, "Selalu Berkreasi dan Inovasi menuju UMKM Naik Kelas",  sudah melibatkan kurang lebih 3 ribuan peserta UMKM secara nasional. Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten II Sekretariat Pemko Dumai H Syahrinaldi mewakili Wali Kota Dumai H Paisal dan Marketing Microeconomics Indomaret Faris Huda Oktavian

Hadir juga Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sepranef Syamsir AP MSi,  Development Manager Indomaret Pekanbaru Yulianto serta Humas Indomaret Pekanbaru Diki Handoko.

"Kegiatan ini kami mulai sejak 2004 dan seiring berjalannya waktu kita menyerap berbagai UMKM dan pada tahun 2017 kami membentuk departement microeconomics, departement microeconomics ini khusus menaungi UMKM, " kata Faris Huda Oktavian.

Departement microeconomics ini dibentuk untuk terus membantu dan mendukung perkembangan UMKM di setiap daerah. "Kami percaya UMKM dimanapun berada itu bisa membantu kesejahteraan di kota/kabupaten tersebut, karena dapat menyerap tenaga kerja di daerah tersebut dan juga sebagai kearifan lokal di daerah tersebut,"  Jelas Faris.­­

Indomaret sendiri memiliki empat jenis program di microeconomics Indomaret, diantaranya produk kue kering, dimana produk kue kering yang telah memiliki sertifikat izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan proses halal akan dipajang rak khusus di depan kasir. "Rak khusus ini nantinya akan dipasang brand produk lokal Kota Dumai," ungkap Faris.

Selanjutnya Faris menjelaskan, program kedua yaitu mitra UMKM, yang mana program ini memberikan kesepatan bagi pelaku usaha yang usahanya tidak ada dijual di Indomaret bisa bekerja sama dengan Indomaret.

"Selain itu juga ada program kue basah atau jajanan nusantara yang nantinya bisa bekerja sama dengan Indomaret serta yang terakhir komoditi pertanian, baik ikan, ayam, dan buah-buahan untuk bekerja sama dengan Indomaret," jelas Faris.

Upaya ini merupakan bukti Indomaret ingin membangun UMKM di setiap Kab/Kota di Indonesia. "Semua program ini akan terus kita maintenance agar dapat memberikan kontribusi yang baik bagi pelaku UMKM," Jelas Faris.

Asisten II Sekretariat Pemko Dumai H Syahrinaldi mengapresiasi kegiatan Indomaret yang terus berupaya memajukan dan mendukung  pelaku usaha lokal.(van/bon)

 









Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



PPDB Thawalib Padang Panjang




EPAPER RIAU POS  7-nove.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com