Pulihkan Ekonomi dengan Sinergi dan Inovasi

Ekonomi-Bisnis | Kamis, 25 November 2021 - 11:40 WIB

Pulihkan Ekonomi dengan Sinergi dan Inovasi
Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi SH SIK MSi saat berbicara dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2021, Rabu (24/11/2021). (BI FOR RIAU POS)

PEKANBARU, (RIAUPOS.CO) - Pandemi Covid-19 berimbas besar di bidang ekonomi, namun hal tersebut bukan alasan untuk tidak berupaya keluar dari permasalahan akibat pandemi. Sinergi dan inovasi diharapkan bisa menjadi jawaban dari tantangan ekonomi ke depan.

Hal ini disampaikan oleh Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi SH SIK MSi, dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2021, Rabu (24/11). "Pandemi bukan suatu yang harus dijadikan alasan, ini realita yang harus dihadapi. Kita harus kembali pulih, dan jawabannya adalah sinergi dan inovasi," katanya.


Dikatakannya Bank Indonesia telah memberikan strategi yang tepat, pihaknya memberikan dukungan terkait hal tersebut, tak hanya di bidang keamanan, tetapi pihaknya juga ingin menjadi bagian dalam mewujudkan inklusi keuangan.

Saat ini masyarakat dimudahkan dalam berbagai hal dengan adanya teknologi. Berbagai kegiatan bisa dilakukan dengan cepat jika bisa beradaptasi akan hal-hal baru, serta dapat memajukan perekonomian.

Ekonomi menjadi bidang penyangga kehidupan negara. Untuk memajukan, salah satu hal yang harus digelorakan adalah inklusi keuangan. Agung mengungkapkan, berdasarkan survei nasional, masyarakat dewasa baru 61 persen yang memiliki akun di bank.

"Ini harus kita galakkan. Kalau tak punya rekening di bank, ibarat tidak punya akun media sosial. Kita sangat tertinggal karena masih ada 39 persen masyarakat belum memiliki rekening. Adanya rekening akan memudahkan transaksi dan hidup dengan efisien dalam kegiatan ekonomi," ujarnya.

Agung menyampaikan, pihaknya mendukung digitalisasi yang terjadi saat ini. Ia memberikan apresiasi ke pemerintah daerah yang sudah beradaptasi dengan keuangan digital. Namun, berbagai pihak juga tidak boleh tutup mata. Menurutnya, mesin perekonomian adalah industri perbankan yang harus dimanfaatkan secara maskimal.

Selain itu, Kapolda Riau juga menuturkan, agar masyarakat Riau tidak hanya menyandarkan ekonomi pada kekayaan alam karena suatu saat kekayaan alam bersifat sementara dan  bisa habis. "Kekayaan intelektual juga harus diolah. Kalau kita ingin maju secara ekonomi, maka jangan sandarkan pada kekayaan alam, tetapi pada kekayaan intelektual," tuturnya.(das)

Bank BJB

 




Pemkab Rokan Hulu



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


EPAPER RIAU POS  1-DESS.jpg


OPINI

Atan Sengat 2021-12-01 11:18:12
RUBAIDA ROSE guru MA Ponpes Nurul Islam Kampung Baru Kuantan Singingi Redefinisi Makna Belajar buat Guru 01 Desember 2021



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com