Penggunaan Biodiesel B30 Aman dan Tidak Mengubah Jadwal Perawatan

Ekonomi-Bisnis | Kamis, 27 Februari 2020 - 06:40 WIB

Penggunaan Biodiesel B30 Aman dan Tidak Mengubah Jadwal Perawatan
Produk UD Truck dipastikan tak masalah menggunakan bahan bakar B30 (JawaPos.com - Eko Putra)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) -- Penerapan penggunaan bahan bakar B30 yang belum lama diberlakukan oleh pemerintah banyak yang beranggapan miring dari berbagai kalangan. Bahkan tim Teknis B30 Kementerian ESDM langsung turun tangan menghubungi beberapa perwakilan Agen Pemegang Merek (APM) untuk mengkonfirmasi hal tersebut.

Salah satunya merek UD Trucks yang salah satu unitnya juga turut serta dalam pengetesan. PT UD Astra Motor Indonesia menegaskan bahwa produknya telah lulus uji penggunaan bahan bakar B30 dan menyatakan aman.

"Kami juga terlibat dalam pengetesan B30 dan lolos, hanya ganti filter saja selesai," ungkap Aloysius Chrisnoadhi, Marketing and After Sales Service Director PT UD Astra Motor Indonesia, di Tangerang, Rabu (26/2) saat acara Extra Mile Challenge 2020,.

Untuk menyesuaikan karakteristik bahan bakar B30, UD Truck telah melakukan sedikit pembaruan pada filter bahan bakar. Khususnya untuk kendaraan model terbaru.

"Desain filter bahan bakar diubah untuk yang model saat ini. Usia filter tetap 10 ribu kilometer. Cuma filter saja yang diganti sedangkan komponen lain seperti tangki kemudian saluran bahan bakar, injektor tidak perlu ganti," ujar Aloysius.

Sementara dalam kesempatan yang sama Catur Satyawira, UD Truck Product Management menjelaskan penggunaan B30 pada unitnya tidak mengubah jadwal perawatan yang telah dianjurkan. Menurutnya hingga saat ini tidak ada komplain terkait penggunaan B30 dari konsumen UD Trucks untuk daerah dingin.

"Sesuai dengan tes yang dilakukan bersama dengan Kementerian ESDM, terbukti UD Truck tidak ada kendala mengenai mesin," tandas Catur.

Uji start-ability juga dilakukan di dataran tinggi Dieng menunjukkan bahwa kendaraan dapat dihidupkan dengan normal setelah didiamkan (soaking).

Sumber: Jawapos.com
Editor: Erizal




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-04-03.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com