Inilah 8 Keuntungan Investasi yang Wajib Anda Ketahui

Ekonomi-Bisnis | Jumat, 27 Mei 2022 - 21:00 WIB

Inilah 8 Keuntungan Investasi yang Wajib Anda Ketahui
Ilustrasi. (INTERNET)

(RIAUPOS.CO) - Makin ke sini, semakin banyak orang yang memutuskan untuk terjun ke dunia investasi. Pasalnya, kegiatan investasi digadang-gadang dapat memberikan keuntungan finansial jangka panjang yang menjanjikan.

Ada banyak jenis instrumen investasi yang dipilih oleh orang-orang, mulai dari beli emas online, reksadana terbaik, dan lain sebagainya. Namun, sebenarnya apa saja keuntungan dari melakukan investasi? Simak selengkapnya.

Yamaha Alfa Scorpii

8 Keuntungan Mengikuti Kegiatan Investasi

Dari emas hingga reksadana, masing-masing investasi memang banyak jenis dan manfaatnya. Namun, ada beberapa keuntungan umum yang bisa Anda dapatkan dari kegiatan investasi ini. Apa saja? Simak daftar berikut ini!

1. Potensi Keuntungan Jangka Panjang
Menyimpan kekayaan dalam bentuk uang tunai adalah opsi paling aman. Namun, apakah opsi ini bisa menghasilkan keuntungan?

Berbeda dengan uang tunai, investasi memberikan kesempatan untuk Anda agar mendapatkan keuntungan melalui instrumen investasi yang Anda pilih sesuai preferensi pribadi.


Faktanya, poin ini merupakan salah satu faktor utama yang berhasil menarik banyak orang untuk akhirnya terjun ke dunia investasi. Tak ayal, keuntungan yang ditawarkan oleh beberapa instrumen investasi dengan pengelolaan yang tepat memang menggiurkan.

Namun, tetap ingat bahwa tingkat keuntungan berbanding lurus dengan tingkat risiko yang akan Anda dapatkan. Oleh karena itu, bijak dan berhati-hatilah dalam berinvestasi.

2. Menghindari Inflasi
Inflasi merupakan mimpi buruk yang sulit dihindari bagi kondisi finansial tiap orang. Pasalnya, inflasi terus meningkat tiap tahunnya sehingga biaya hidup dari tahun ke tahun pun jadi makin naik.

Oleh karena itu, berinvestasi bisa jadi salah satu solusi terhadap permasalahan ini. Bagaimana caranya?

Pada dasarnya, supaya jumlah tabungan yang Anda miliki bisa bertambah dengan stabil dari waktu ke waktu, Anda memerlukan return yang lebih tinggi dari tingkat inflasi yang terjadi.

Nah, dengan berinvestasi pada aset yang tepat, Anda bisa memperoleh return yang tinggi serta potensi pertumbuhan modal yang menguntungkan. Dengan begitu, potensi untuk terhindar dari inflasi akan jadi lebih tinggi.

3. Menjadi Sumber Pendapatan Tambahan
Memperoleh pendapatan dari main job yang Anda miliki adalah hal yang biasa. Untuk membuat jumlahnya lebih besar, Anda bisa berinvestasi pada instrumen yang menawarkan keuntungan hasil yang lebih besar dari tingkat inflasi.

Nantinya, keuntungan yang Anda dapatkan bisa jadi sumber pendapatan tambahan atau passive income yang bisa Anda gunakan untuk keperluan mendesak maupun keperluan yang akan datang.

4. Sebagai Tabungan Pensiun
Apalagi jika suatu saat Anda telah pensiun, bergelut dengan main job mungkin saja akan terasa melelahkan. Nah, di sinilah peran investasi sebagai penghasilan tambahan akan dibutuhkan.

Persiapan masa tua sedari dini dengan berinvestasi adalah opsi menarik. Pasalnya, hasil dari keuntungan investasi yang Anda kumpulkan sedari muda bisa Anda pakai untuk memenuhi kebutuhan Anda selama pensiun.

Dengan begitu, Anda tak perlu pusing dengan pendapatan ketika sudah tidak memiliki main job lagi di masa tua. Untuk merasakan hal ini, Anda bisa memilih untuk investasi jangka panjang.

5. Mengembangkan Kekayaan
Jika seluruh kebutuhan finansial Anda telah terpenuhi, Anda masih berkesempatan untuk mengembangkan kekayaan yang Anda miliki melalui investasi.

Caranya adalah dengan menanamkan modal pada instrumen investasi yang tepat. Dengan begitu, jumlah kekayaan yang Anda miliki saat ini akan terus berkembang sehingga nilai dan nominalnya bisa jadi lebih banyak sesuai dengan keuntungan yang Anda dapatkan.

6. Mempersiapkan Dana Pernikahan
Pernikahan bukanlah hal yang sederhana. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk menyongsong hari bahagia bersama pasangan ini. Salah satu poin penting selama proses persiapan pernikahan adalah soal dana.

Pasalnya, pernikahan tak hanya berhenti ketika resepsi saja. Namun, kehidupan pasca pernikahan pun juga harus masuk hitungan. Oleh karena itu, Anda harus siap sedia dengan dana yang cukup mulai dari pra pernikahan, saat resepsi, hingga pasca pernikahan.

Dengan menabung dengan instrumen investasi yang tepat, Anda akan terbantu dalam menambah modal persiapan terkait pernikahan kelak.

7. Mempersiapkan Dana Pendidikan
Setelah pernikahan, hal utama yang perlu Anda dan pasangan persiapkan adalah biaya hidup anak, termasuk biaya pendidikan. Pasalnya, biaya pendidikan dari tahun ke tahun cenderung semakin meningkat.

Dengan mempersiapkan dana pendidikan sejak dini melalui investasi, Anda bisa memberikan fasilitas yang nyaman untuk pendidikan si kecil nantinya, mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi.

8. Mencapai Financial Freedom
Meraih kondisi bebas secara finansial atau financial freedom bisa Anda dapatkan dengan manajemen keuangan yang baik. Nah, salah satu cara yang bisa membantu Anda untuk mencapai financial freedom sedikit lebih cepat adalah dengan berinvestasi.

Jika seseorang telah mencapai financial freedom, maka penghasilan yang mereka dapatkan dari aset-aset yang dimiliki lebih besar dari biaya hidupnya. Dengan begitu, orang tersebut tak perlu khawatir mengenai sumber dana untuk bertahan hidup.

Ingin mendapatkan keuntungan investasi tersebut? Mulai investasi dengan Bukalapak BukaEmas dan BukaReksa, Anda bisa mulai investasi emas ataupun reksadana dengan mudah, murah, dan terpercaya. Beli emas mulai dari 0,0001 gram atau investasi reksadana mulai dari Rp10.000,00 saja hanya di investasi Bukalapak!. (ifr)



DIPO Hearing HRD HEAD



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



DPRD SIAK





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com