PERKEBUNAN

Harga TBS Kelapa Sawit Naik Lagi

Ekonomi-Bisnis | Rabu, 28 April 2021 - 10:55 WIB

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit periode 28 April-4 Mei 2021 mengalami kenaikan pada setiap kelompok umur. Kenaikan terbesar terjadi pada kelompok umur 10-20 tahun sebesar Rp135,95 per kilogram (kg) dari harga pekan lalu. Sehingga harga pembelian TBS petani untuk periode satu pekan ke depan naik menjadi Rp2.506,52 per kilogram. 

Kepala Dinas Perkebunan Riau, Zulfadli mengatakan, kenaikan harga TBS ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal disebabkan oleh terjadinya kenaikan harga jual CPO dan kernel dari beberapa perusahaan yang menjadi sumber data. 


"Untuk harga jual CPO, PT PTPN V mengalami kenaikan harga sebesar Rp625,25 per kilogram, PT Sinar Mas Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp640,11per kilogram,  PT Asian Agri Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp457,59 per kilogram, PT Citra Riau Sarana mengalami kenaikkan harga sebesar Rp482,20 per kilogram dari harga pekan lalu,"katanya.

Sedangkan untuk harga jual kernel, PT Asian Agri Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp167,00 per kilogram, PT Citra Riau Sarana mengalami kenaikan harga sebesar Rp223,27 per kilogram  dari harga pekan lalu.

"Sementara dari faktor eksternal, naiknya harga TBS pekan ini karena harga CPO di Bursa Malaysia melesat 5,68 persen secara point-to-point. Lonjakan ini terjadi setelah pada pekan sebelumnya harga terkoreksi 1,35 persen. Harga minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) bergerak tak seperti biasanya. Ketika harga minyak mentah turun, biasanya harga CPO ikut. Namun tidak dengan hari ini (kemarin, red). Tercatat harga pekan ini merupakan harga tertinggi sejak tahun 2010,"ujarnya.(sol)

Bank BJB


Pemkab Rokan Hulu





Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Erwin - Pemkab Meranti

TERBARU



ASR MEMBER- FOX Hotel Pekanbaru




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com