Olahan Ikan, Nikmat dan Sehat

Ekonomi-Bisnis | Sabtu, 28 Desember 2019 - 10:01 WIB

Olahan Ikan, Nikmat dan Sehat
Perlihatkan menu: Host Makan Yuk Syahra Regina (kanan) bersama dengan Hanny Shanaya selaku owner memperlihatkan menu Sotindang di Siomay dan Batagor Shanaya di Jalan Lobak, Nomor 109 C, Kota Pekanbaru, Selasa (24/12/2019).(siti azura/riau pos)

KOTA (RIAUPOS.CO) -- Halo Food Hunters kali ini tim Makan Yuk berkesempatan datang ke Outlet Shanaya Jalan. Shanaya yang berlokasi  di Jalan Lobak, nomor 109 C ,Kelurahan Tobek Godang, Kecamatan Tampan ini, menyediakan kuliner sehat berbahan dari ikan.

Tim Makan Yuk diajak buat icip-icip makanan sotindang alias bakso patin kuah udang. Waw, namanya saja sudah unik ya. Berawal dari kegemaran Hany Shanaya selaku pemilik outlet yang dengan ikan. Munculah beraneka menu lezat dan sehat berbahan dasar ikan tersebut. "Awalnya hanya memfokuskan mengolah makanan berbahan dasar ikan tenggiri saja. Karena memang juga suka ikan tenggiri yang kaya akan protein," paparnya, Selasa (24/12/2019).             

Hany menambahkan, awalnya dapat pesanan mengolah bahan dasar ikan patin . Hany sempat menolak. Pasalnya ikan patin tidak mudah untuk diolah. Apalagi ciri khas patin hanya diasam pedas. Tapi, ia mencoba keluar dari zona nyaman mencoba. Hany  mengolah ikan patin berkualitas yang dibudidayakan dengan baik. Mulai dengan memisahkan kulit luar ikan patin, menyisihkan lemak luar.

"Yang terpikir saat itu hanya ingin membuat bakso ikan. Nah, setelah itu  ditambahkan bumbu-bumbu lain. Dan pertama kali coba pun tidak menyangka enak. Akhirnya saya langsung diundang untuk mendemonstrasikan masakan  itu. Responnya pun bagus. Khususnya dari kalangan ibu-ibu," ujarnya.

Apalagi belum lama ini sotindang atau bakso ikan patin mendapatkan penghargaan Standar Nasional Indonesia (SNI), bakso pertama yang ada di Riau yang mendapatkan predikat SNI dan BPOM.  

Untuk penyajiannya, Sotindang ini disajikan dengan mie yang jadi ciri khas Riau juga alias mie sagu. Dan yang bikin tambah spesialnya lagi ada rasa asam yang segar dari  acar nanas. Soal rasa jangan ditanyakan lagi. Rasa dari kuah kaldu udangnya sangat menggugah selera ditemenani dengan kerupuk pangsit bawang membuat santapan terasa sempurna.(azr)




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-03-28.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com