JELANG IDULFITRI 1443 H

PTPN V Kembali Kucurkan Dana Talangan Ratusan Anggota Kopsa-M

Ekonomi-Bisnis | Jumat, 29 April 2022 - 09:07 WIB

PTPN V Kembali Kucurkan Dana Talangan Ratusan Anggota Kopsa-M
Seorang pekerja Kospsa-M tersenyum bahagia memperoleh dana talangan dari PTPN V, baru-baru ini. Jelang hari raya Idulfitri, PTPN V kembali mengucurkan dana talangan Rp1,08 miliar kepada ratusan petani dan pekerja Kospsa-M. (HUMAS PTPN V)

SIAK (RIAUPOS.CO) - PT Perkebunan Nusantara V kembali mengucurkan dana talangan untuk pembayaran hak para pekerja dan petani yang tergabung dalam koperasi sawit makmur (Kopsa-M) Desa Pangkalan Baru, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau.

Dana talangan senilai Rp1,08 miliar itu diperuntukkan bagi ratusan petani dan pekerja Kospsa-M dari rekening bersama Kopsa-M dan PTPN V. "Alhamdulillah. Kami sangat bersyukur doa kami didengar melalui bantuan dana talangan dari perusahaan. Terimakasih PTPN V," kata Rita, salah seorang pekerja Kospsa-M sesaat usai menerima dana talangan yang diselenggarakan di Balai Desa Pangkalan Baru, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, Kamis (28/4).

Yamaha Alfa Scorpii

Rita dan senyum ratusan anggota Kopsa-M merekah renyah meski harus antre dan bertahan di tengah sumpeknya ruangan balai desa tersebut.

Senada dengan Rita, Ali Umar, salah seorang petani Kopsa-M mengatakan hak yang ia terima tersebut sangat membantu dia dan keluarganya jelang hari raya Idul Fitri. "Terutama untuk membayar zakat dan membelikan pakaian anak-anak. Memang bentuknya pinjaman, tapi kami sangat bersyukur bapak angkat kami (PTPN V) memahami kondisi ini," ujar Ali.

Ketua Koperasi Sawit Makmur (Kopsa-M) Nusirwan mengatakan, ratusan pekerja dan petani Kopsa-M memperoleh haknya senilai Rp1,081 miliar. Dana tersebut berasal dari bantuan talangan PT Perkebunan Nusantara V selaku avalis atau bapak angkat Kopsa-M. "Alhamdulillah, hak untuk pekerja sebesar Rp827 juta dan dana untuk petani senilai Rp254 juta kita bayarkan hari ini. Mewakili pekerja dan petani, kami mengucapkan terima kasih dan bersyukur kepada PTPN V atas pengertian, kemudahan, dan bantuannya," katanya.

PTPN V kembali menyalurkan dana talangan bagi ratusan pekerja dan petani Kopsa-M menjelang perayaan hari kemenangan umat muslim, Idul Fitri 1443 Hijriah. Dana talangan itu merupakan bantuan kedua yang dilakukan perusahaan terhadap para petani Kopsa-M dalam kurun waktu enam bulan terakhir.


Bantuan dana talangan itu terwujud setelah para petani dan pekerja serta didukung Kepala Desa Pangkalan Baru memohon kepada PTPN V untuk membantu menalangi penghasilan para petani dan pekerja Kospsa-M. "Syukur Alhamdulillah, dengan adanya dukungan kepala desa sebagai pembina dan pengawas Kopsa-M yang berkenan memberikan surat penyataan dan juga telah melakukan verifikasi data para penerima dana talangan, PTPN V pun menyambut baik permohonan kami. Mudah-mudahan para pekerja dan petani bahagia mendapat hasil yang baik ini," lanjutnya.

Kepala Desa Pangkalan Baru Yusry Erwin juga mengapresiasi langkah cepat PTPN V dalam menentukan nasib para petani dan pekerja Kopsa-M.

Sementara itu, Executive Vice President Plasma PTPN V Arief Subhan Siregar menjelaskan bahwa perusahaan memutuskan untuk menalangi gaji pekerja dan dana petani Kopsa-M.

Dijelaskannya, data para pekerja bersama besaran gajinya didapat dari pengurus Kopsa-M yang bersumber dari pekerja itu sendiri. Selanjutnya bantuan talangan ini nantinya akan dikembalikan oleh koperasi ke perusahaan pada saat dana di rekening bersama sudah bisa dicairkan.(ifr)

Laporan ELVY CHANDRA, Pekanbaru

 








Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



HUT RI 77 Rokan hilir

BRI Simpedes II PKU

DPRD SIAK



EPAPER RIAU POS  2022-08-18.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com