PANDEMI COVID-19

Dua Pekan, Dana Asing Kabur dari Pasar Modal RI Rp5,91 Triliun

Ekonomi-Bisnis | Jumat, 29 Mei 2020 - 01:54 WIB

Dua Pekan, Dana Asing Kabur dari Pasar Modal RI Rp5,91 Triliun
Ilustrasi papan layar bursa. (DOK JAWA POS)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) -- Bank Indonesia (BI) mengungkapkan bahwa ada peningkatan aliran modal asing masuk (capital inflow) melalui surat berharga negara (SBN) pada dua pekan pertama Mei 2020. Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan, aliran dana asing yang masuk ke Indonesia melalui SBN pada pekan pertama mencapai Rp2,97 triliun.


"Kami pantau pekan kedua bulan Mei terdapat inflow masuk asing di SBN itu adalah Rp6,15 triliun dari periode 18 Mei sampai 20 Mei 2020," ujarnya melalui telekonferensi pers, Kamis (28/5).

Menurut Perry, adanya peningkatan capital inflow dikarenakan meredanya kepanikan global terkait pandemi. Investor juga melihat penanganan Covid-19 di Indonesia dilakukan secara maksimal.

Meskipun ada yang masuk, masih ada juga modal asing yang keluar (capital outflow), yakni dari instrumen saham. Menurut Perry, kondisi pasar saham global masih memengaruhi pergerakan arus modal asing.

"Saham memang masih mengalami outflow, di pekan kedua outflow Rp2,72 triliun, pekan pertama Rp3,19 triliun. Memang itu berkaitan dengan kondisi pasar saham global," pungkas Perry.

Sumber: Jawapos.com
Editor: Rinaldi

 




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-07-10.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com