PERKEBUNAN

Ekspor CPO Belum Normal, Harga Sawit Riau Turun

Ekonomi-Bisnis | Selasa, 31 Mei 2022 - 12:09 WIB

Ekspor CPO Belum Normal, Harga Sawit Riau Turun
ILUSTRASI (DOK.RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Harga tanda buah segar (TBS) kelapa sawit periode 1 sampai 7 Juni 2022 mengalami penurunan pada setiap kelompok umur. Jumlah penurunan terbesar terjadi pada kelompok umur 10-20 tahun sebesar Rp27,01/kg atau mencapai 1,00 persen dari harga minggu lalu. Sehingga harga pembelian TBS petani untuk periode satu pekan ke depan turun menjadi Rp2.666,44/kg.

Kepala Dinas Perkebunan Riau Zulfadli mengatakan, penurunan harga ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal turunnya harga TBS periode ini disebabkan oleh terjadinya kenaikkan dan penurunan harga jual CPO dari perusahaan yang menjadi sumber data. 

Yamaha Alfa Scorpii

"Untuk harga jual CPO, PTPN V tidak melakukan penjualan minggu ini. Sinar Mas Group mengalami penurunan harga sebesar Rp60,86/kg dari harga minggu lalu, Astra Agro Lestari tidak melakukan penjualan minggu ini. PT Asian Agri mengalami kenaikan harga sebesar Rp107,28/kg dari harga minggu lalu. PT Citra Riau Sarana tidak melakukan penjualan minggu ini. PT Musim Mas tidak melakukan penjualan minggu ini," katanya.

Sedangkan untuk harga jual kernel, Sinar Mas Group melakukan penjualan dengan harga sebesar Rp6.980,00/kg. PT Asian Agri melakukan penjualan dengan harga sebesar Rp7.112,00/kg.

"Sementara dari faktor eksternal, belum normalnya ekspor CPO dan kernel walaupun sudah diumumkan pencabutan larangan ekspor CPO," jelasnya. 
 


Laporan: Soleh Saputra (Pekanbaru)


Editor: E Sulaiman








Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU

DPRD SIAK



EPAPER RIAU POS  2022-08-13.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com