PERAYAAN IMLEK

Ritual Perayaan Imlek, Patuhi Aturan dan Larangannya jika Ingin Hoki

Gaya Hidup | Sabtu, 25 Januari 2020 - 17:38 WIB

Ritual Perayaan Imlek, Patuhi Aturan dan Larangannya jika Ingin Hoki

JAKARTA(RIAUPOS.CO)– Sudah waktunya untuk mengucapkan selamat tinggal pada Tahun Babi dan menyapa Tahun Tikus Logam. Tahun Baru Imlek tahun ini menandai awal Festival Musim Semi 15 hari di Tiongkok, dimulai pada 25 Januari. Perayaan Imlek tak lepas dari berbagai mitos yang bertujuan untuk memastikan tahun ini akan beruntung dan sejahtera.

Berbagai mitos aturan dan larangan saat Imlek dipercaya akan membawa hoki jika dipatuhi. Dilansir dari CNN, Sabtu (25/1), ada beberapa aturan dan larangan yang sebaiknya dipatuhi saat perayaan Imlek. Apa saja?

Baca Juga :Gubri: Terima Kasih Sudah Taat Larangan Mudik

Aturan yang Disarankan

1. Menggunakan Warna Merah

Menurut Koko Jakarta 2019 Andreas Lumampauw, warna merah menjadi simbol keberuntungan dan semangat. Maka sebaiknya memakai busana merah dan menghias rumah dengan warna merah saat Imlek lebih disarankan.

2. Menyalakan Kembang Api

Dilansir dari CNN, kembang api tidak hanya menerangi langit malam dengan simfoni warna, tetapi bunyi letupan keras dianggap menakuti roh jahat. Beberapa orang sangat antusias menyalakan kembang api.

3. Makan Menu Pangsit

Bentuk pangsit gaya Tiongkok menyerupai potongan-potongan emas yang digunakan sebagai uang di zaman kuno. Sepiring penuh pangsit tampak seperti tumpukan besar emas, melambangkan kekayaan pada tahun mendatang.

4. Bersihkan Rumah Sebelum Imlek

Sebelum Imlek, wajib bersih-bersih rumah. Lakukan apa saja untuk memastikan rumah Anda bersih dan rapi sebelum menjelang tengah malam pada malam Tahun Baru Imlek. Tujuannya untuk membebaskan rumah dari nasib buruk selama setahun terakhir.

5. Bayar Utang

Juga disarankan untuk melunasi utang menjelang Tahun Baru, termasuk tagihan kartu kredit.

Larangan Saat Imlek

1. Jangan Mandi

Menurut Koko Jakarta 2019 Andreas Lumampauw, sebaiknya tidak mandi saat perayaan Imlek. Mandi dilakukan sebelum pukul 00.00 sebelum Imlek. Sehingga rezeki tidak luntur tersapu air

2. Jangan Cuci atau Potong Rambut

Rambut jangan dipotong atau dikeramas. Sebab rambut adalah simbol rezeki. Jika mencuci atau memotongnya dipandang sebagai mencuci kekayaan dan bisa mengurangi peluang kemakmuran pada tahun mendatang.

3. Jangan Bersihkan Rumah Saat Imlek

Saat Imlek jangan bersih-bersih rumah. Sebab nanti rezeki juga akam hilang.

4. Jangan Pakai Warna Duka

Hindarilah warna duka yang membawa kesedihan seperti warna hitam. Pakailah warna merah agar beruntung.

Editor :Deslina

Sumber: Jawapos.com


Bank BJB




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com