MUSIC & MOVIE

Penjelasan Merpati Band soal Lagu Janji Satu Purnama Mirip dengan AADC

Hiburan | Selasa, 09 Agustus 2022 - 02:04 WIB

Penjelasan Merpati Band soal Lagu Janji Satu Purnama Mirip dengan AADC
ILUSTRASI: Penjelasan Merpati Band soal Lagu berjudul Janji Satu Purnama mirip dengan AADC. (ISTIMEWA)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) – Merpati Band baru saja merilis single terbaru berjudul “Janji Satu Purnama” berkolaborasi dengan Kezia Kaithlyin Purnawan atau biasa disapa Kezia. Jika kita mendengarkan lagunya, maka akan langsung teringat pada lagu “Ada Apa Dengan Cinta” (AADC) karya Melly Goeslaw karena ada kemiripan di dalamnya.

Andi, salah satu personel Merpati Band, mengakui adanya kemiripan tersebut. Dia mengaku lagu ini memiliki kesamaan lantaran memang terinspirasi dari AADC Melly Goeslaw. Dia membuatnya dengan alasan suka pada lagu dan film Ada Apa Dengan Cinta. Menurut Andi, dia sempat menyodorkan lagu itu supaya menjadi soundtrack fim AADC 2 tahun 2016 silam ke Melly Goeslaw, namun tidak diterima karena adanya perbedaan konsep.

Yamaha Alfa Scorpii

Tak mau disebut plagiat, sebelum dirilis, Andi mengaku lagu “Janji Satu Purnama” sudah atas sepengetahuan Melly Goeslaw. Bahkan istri dari Anto Hoed itu dimasukkan sebagai pencipta lagu itu bersama dirinya.

“Lagu ini sebenarnya bisa dikatakan project kerja sama saya sama teh Melly. Lagu ini telah sesuai prosedur yang dijalankan karena saya telah meminta izin dulu ke teh Melly untuk mencantumkan bahwa lagu ini ciptaan kami berdua sebelum lagu ini dirilis,” jelas Andi dalam keterangannya.

Terkait kolaborasinya dengan Kezia, pemilik single “Saat Jauh Darimu” punya alasan tersendiri. Merpati Band tertarik menggandeng Kezia di single terbaru setelah mendengar Kezia berhasil mengcover lagu “Tak Selamanya Selingkuh Itu Indah” dan “Tak Rela” dengan sangat bagus penuh penjiwaan. Sejak saat itu, Merpati Band tertarik berkolaborasi dengan Kezia.

“Dia punya suara unik, perpindahan dari suara asli ke falsetnya begitu halus dan bagus sehingga secara karakter masuk ke lagu-lagu Merpati. Kezia jebolan dari ajang pencarian bakat bergensi, secara pengalaman dan kualitas, tidak diragukan lagi,” kata Andi.


Saat diminta berkolaborasi dengan Merpati Band lewat single “Janji Satu Purnama”, Kezia senang dan langsung menunjukkan ketertarikan. Dia pun sempat dikirimi 2 lagu demo oleh Merpati Band. Kendati demikian, Kezia harus minta izin terlebih dahulu kepada CEO Nagaswara Rahayu Kertawiguna sebelum memutuskan menerimanya.

 

“Puji syukur Pak Rahayu memberikan restu buat kita Merpati dan Kezia berkolaborasi di lagu ini,” kata Kezia.

Penggarapan lagu “Janji Satu Purnama”, aransemen musiknya dikerjakan oleh Rangga Gusman. Konsep musiknya lebih kental dengan string orchestra, sentuhan piano, dan gitar akustik. Merpati Band yang memiliki unsur Melayu dan Kezia yang pop murni tidak menjadi halangan bagi kedua berkolaborasi.

Untuk pembagian part, Merpati Band dan Kezia mengambil jalan tengah menyesuaikan dengan karakter range vokal Andi sebagai vokalis Merpati dan juga Kezia.

Lagu “Janji Satu Purnama” juga dilengkapi video klip. Digarap oleh sutradara Nurman Kusuma dari PH. Studio Rata Kanan. Lokasi syuting video klipnya mengambil tempat di Kawasan Pabrik Kertas, BSD, Tangerang, Banten dan memperlihatkan view yang memarik- eksotis.

“Seharian kita syuting dan ada adegan siang hari dan malam hari agar sesuai dengan judul ‘Janji Satu Purnama’ dimana rembulannya ada di malam hari. Pokoknya romantis,” jelas Kezia.

Perilisan single Janji Satu Purnama Merpati Band- Kezia secara resmi dirilis pada Jumat (5/8/2022) lalu bersama sejumlah musisi di bawah Nagaswara lainnya itu Andrigo ‘Karam Ditemgaj Harapan’, Luvia Band ‘Orang Yang Salah’, Andez ‘Sebatang Kara’ dan Syahriyadi ‘Lagi Dan Lagi’.

Sumber: Jawapos.com

Editor: Edwar Yaman

 

 







BEASISWA BENGKALIS 2022




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook






EPAPER RIAU POS  2022-09-30.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com