DRAMA KOREA

Snowdrop, Kisah Cinta Gadis Korsel dan Mata-Mata Korut

Hiburan | Senin, 17 Januari 2022 - 19:03 WIB

Snowdrop, Kisah Cinta Gadis Korsel dan Mata-Mata Korut
ILUSTRASI (INTERNET)

Dilanda banyak kontroversi tentang keakuratan plot sejarah dalam ceritanya, bahkan sebelum mulai tayang, nyatanya Snowdrop tetap berhasil memikat penonton. Chemistry terbangun kuat antara Jisoo BLACKPINK (Young-ro) dan Jung Hae-in (Lim Soo-ho).

SNOWDROP berlatar Korea Selatan pada 1987. Saat itu negara sedang kisruh dengan gerakan protes oleh mahasiswa dan masyarakat sipil yang menuntut pemerintah diktator untuk menggelar pemilihan umum secara adil.

Yamaha Alfa Scorpii

Suatu hari Young-ro (Jisoo BLACKPINK) dikejutkan dengan salah seorang peserta kencan berkelompok yang diikutinya terkapar di kamarnya di asrama Hosu Women’s University. Young-ro yang merupakan mahasiswi sastra Inggris tahun pertama menduga bahwa pria itu adalah mahasiswa demonstran yang dikejar-kejar polisi.

Dia dan teman-teman sekamarnya berusaha melakukan segala cara untuk menyembunyikan pria bernama Soo-ho (Hae-in) tersebut. Di balik perilakunya yang lembut terhadap Young-ro, Soo-ho sangat misterius. Tidak diduga tindakan Young-ro itu berujung bencana besar yang tidak hanya merugikan dirinya, tetapi juga teman satu asrama dan keluarganya.

Living World Pekanbaru

Episode-episode awal drama ini seolah-olah mengajak penonton ’’tenggelam’’ dengan betapa karismatiknya Soo-ho. Juga benih-benih cinta yang mulai tumbuh di antara dirinya dengan Young-ro selama masa persembunyian.

Namun, semua lantas berubah 180 derajat setelah identitas Soo-ho terungkap. Penonton diajak merasakan ketegangan yang dirasakan Young-ro dan rekan satu asramanya ketika disekap mata-mata Korea Utara.


’’Ada banyak genre beragam di Snowdrop,’’ kata Hae-in sebagaimana dilansir Soompi.

Itu benar. Bukan hanya romansa, melainkan juga thriller hingga spy action. Para pemeran pun mampu menampilkan kompleksitas karakter dengan apik. Bukan hanya Jisoo dan Hae-in, melainkan juga pemeran pendukung lain seperti Yoo In-na, Jang Seung-jo, dan Yoon Se-ah.

’’Aku ingin menekankan karya para pemain ansambel dari 70 aktor yang menghidupkan insiden mengerikan yang terjadi di dalam asrama,’’ kata sutradara Jo Hyun-tak sebagaimana dilansir Soompi.

Penonton juga dibuat penasaran dengan bagaimana akhir kisah cinta Soo-ho dan Young-ro. Sebab, mereka berada di dua kubu yang berseberangan. Penonton juga dibuat berpikir siapa yang sebetulnya benar dan salah.

Jisoo pun mampu menghidupkan perannya dengan sangat baik. Meski ini adalah peran utama pertamanya dalam serial drama, dia mengerahkan segala kemampuan sehingga menghasilkan akting yang terasa natural. Chemistry yang dibangun dengan Hae-in kuat.

’’Jisoo adalah Young-ro itu sendiri. Ekspresi dari karakternya luar biasa,’’ kata Hyun-tak.

Di samping itu, daya tarik utama drama ini adalah sinematografinya yang apik. Suasana Korea Selatan era ’80-an tergambar baik. Bukan hanya suasana kota, melainkan juga musik hingga outfit dan tata rambut para karakter. Lalu dilengkapi dengan tone warna yang memberikan kesan retro.

’’Kami percaya bahwa mode, rambut, riasan, dan properti pada masa itu akan membawa kembali kenangan masa lalu. Kami bekerja dengan tim terbaik, jadi aku puas dan bangga dengan hasilnya,’’ kata Hyun-tak.

TRIVIA SNOWDROP

– Sutradara Hyun-tak dan art director mempersiapkan set enam bulan sebelum syuting dimulai. Karena asrama dalam drama itu sangat besar, mereka membangunnya sesuai skala asli. Syuting dilakukan di Daegu University, Gyeongsan City.

– Merupakan kolaborasi kali kedua penulis Yoo Hyun-mi, sutradara Hyun-tak, aktris Kim Hye-yoon (Gye Bun-ok), dan Yoon Se-ah (Pi Seung-hee) setelah drama Sky Castle (2018–2019). Ditulis berdasar memoar seorang pria yang melarikan diri dari kamp penjara politik di Korea Utara, Hyun-mi telah mempersiapkan naskahnya selama 12 tahun.

– Judul Snowdrop berarti tetesan salju. Menurut Hyun-tak, tetesan salju melambangkan musim semi tidak lama lagi. Artinya, jika kita bertahan sedikit lebih lama, musim semi atau kebahagiaan segera datang.

– Sejak menulis sinopsis, Hyun-tak telah memikirkan Hae-in sebagai pemeran Soo-ho. Namun, dia sempat ditolak sebelum akhirnya Hae-in menerima tawaran tersebut. Di sisi lain, Hyun-tak sempat ragu meng-casting aktris jebolan girlband untuk drama ini. Tapi, setelah melihat Jisoo, dia langsung yakin bahwa Young-ro adalah Jisoo.

Sumber: Jawapos.com
Editor: E Sulaiman

 

 

 

 

 

 






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Pemkab Meranti


EPAPER RIAU POS  24-meii.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com