KRIMINALITAS

Dua Jambret yang Tewaskan Korban di Jalan Hang Tuah Ditangkap

Hukum | Senin, 08 Agustus 2022 - 15:34 WIB

Dua Jambret yang Tewaskan Korban di Jalan Hang Tuah Ditangkap
ILUSTRASI (DOK.RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Polresta Pekanbaru berhasil menangkap dua pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan (curas) atau sering disebut jambret, Sabtu (6/8/2022). Para pelaku cukup kejam. Sudah beraksi di 20 lokasi dan pada aksi terakhir menyebabkan korbannya tewas.

Pelaku adalah HEW (21), seorang penganguran warga Jalan Dr Leimena Pekanbaru. Sementara satunya lagi, pria berinisial EW (20) yang juga seorang pengangguran, warga Jalan Sariamin, Pekanbaru.


Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Pria Budi melalui Kasat Reskrim Kompol Andrie Setiawan pada Senin (8/8/2022) menjelaskan, aksi jambret kedua pelaku terjadi di Jalan Hang Tuah Ujung, Kelurahan Sialang Sakti, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Riau pada pukul 17.50 WIB, Senin (1/8/2022).

Keduanya beraksi dengan sepeda motor. Mereka memangsa korban, Ahmad Syarifuddin, yang sedang melintas di Jalan Hang Tuah Ujung dengan menyambar HP korban. Akibat kejadian tersebut korban terjatuh dan dinyatakan meninggal dunia.

Atas kejadian ini, Satreskrim Polresta Pekanbaru langsung melakukan penyelidikan. Pada Sabtu (6/8/2022) keberadaan salah seorang pelaku EW (20) diketahui sedang berada di rumahnya di Jalan Sariamin, Kecamatan Pekanbaru Kota. Atas informasi itu, Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru Kompol Andrie Setiawan langsung menurunkan Tim Opsnal Jembalang untuk menangkap pelaku.

''EW berhasil diamankan di rumahnya. Dari hasil interogasi awal, pelaku mengakui telah melakukan jambret di Jalan Hang Tuah Ujung bersama dengan rekannya berinisial HEW (21). Dalam aksinya mereka menggunakan sarana Honda Scoopy warna merah hitam,'' kata Kompol Andrie.


Pada hari yang sama, Tim kembali memburu HEW yang diketahui sedang berada di kos Madona di Jalan Durian, Gang Puri, Kecamatan Payung Sekaki. Kompol Andrie menyebutkan, saat akan diamankan HEW sempat berusaha melarikan diri. Namun dengan sigap kepolisian melumpuhkan pelaku.

Dari keterangan keduanya, lanjut Kompol Andrie, mereka sudah beraksi setidaknya 20 kali sepanjang tahun ini. Mulai di Jalan Hang Tuah, Arifin Achmad, Imam Munandar, Jenderal Sudirman, di Jembatan Sail, Jalan Bukit Barisan, Seokarno-Hatta, Taskurun, Tuanku Tambusai, Paus hingga Jalan Kampling, Cempedak hingga Jalan Dharma Bakti. Bahkan mereka juga pernah beraksi sampai di Simpang Bingung, Rumbai.

''Saat ini pelaku bersama barang bukti berupa satu unit motor Honda Scoopy warna merah hitam plat putih terpasang BM 6559 XX, satu unit HP merk Samsung Galaxy A73 warna hijau dan dua buah helm warna hitam dan putih sudah diamankan di Mapolresta. Keduanya dijerat Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan,'' tutup Kompol Andrie.


Laporan: Hendrawan Kariman (Pekanbaru)

Editor: E Sulaiman







BEASISWA BENGKALIS 2022




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com