HUKUM

Novel Baswedan Sebut Para Penyidik Sudah Tidak Nyaman dengan KPK

Hukum | Sabtu, 11 April 2020 - 17:38 WIB

Novel Baswedan Sebut Para Penyidik Sudah Tidak Nyaman dengan KPK
Novel Baswedan (Fedrik Tarigan/Jawa Pos)

JAKARTA(RIAUPOS.CO) – Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan menyebut saat ini para penyidik dan penyelidik sudah tidak nyaman lagi dalam bekerja di lembaga antirasuah. Menurut dia, sudah terjadi perubahan kerja antara KPK periode sebelumnya dengan periode sekarang.

“Kami dalam posisi tidak nyaman, tetapi kami juga tidak bisa berbuat apa-apa sebenarnya. Tinggal bagaimana pimpinan KPK memperjuangkan hal itu,” kata Novel kepada wartawan, Sabtu (11/4).

Novel menjelaskan, perbedaan suasana kerja langsung terasa usai disahkannya Undang-undang KPK nomor 19 Tahun 2019. Baginya, undang-undang tersebut justru menghambat kerja penyidik dan penyelidik di lapangan.

“Tetapi balik lagi ke KPK yang ingin memperjuangkan itu atau membiarkan saja keadaan itu. Saya nggak tahu pilihan mana yang diambil oleh pimpinan KPK,” ucap Novel.

Kendati demikian, para penyidik dan penyelidik ini tak bisa berbuat banyak. Mereka tak memiliki kekuatan untuk mengupayakan perubahan kepada eksekutif maupun legislatif. Hal itu menjadi ranah pimpinan.

Novel menilai, belum ada langkah konkret dari pimpinan dalam mengupayakan perubahan tersebut. Kondisi ini dianggap tidak ideal untuk upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.

“Tentunya ini menjadi perhatian dan butuh kepedulian. Apabila pemberantasan korupsi ini semakin lemah dan tidak berdaya, maka efeknya pada pemerintahan,” pungkas Novel.


Editor: Deslina

Sumber: Jawapos.com





youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

UIR PMB Berbasis Rapor


EPAPER RIAU POS  2020-07-12.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com