COVID-19 INHIL

Pelanggar Disiplin Prokes Bersihkan Makam

Indragiri Hilir | Rabu, 05 Mei 2021 - 12:40 WIB

Pelanggar Disiplin Prokes Bersihkan Makam
Bupati Inhil HM Wardan dan unsur forkopimda setempat serta Sekda Inhil H Afrizal, meninjau sanksi kerja sosial bagi pelanggar disiplin Prokes di Pemakaman Khusus Covid-19, Selasa (4/5/2021). (HUMAS PEMKAB INHIL FOR RIAU POS)

(RIAUPOS.CO) - Sedikitnya 57 orang yang melanggar disiplin penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 di Tembilahan, Indragiri Hilir (Inhil) diberikan sanksi kerja sosial membersihkan pemakaman, Selasa (4/5).

Makam yang dibersihkan adalah tempat pemakaman khusus bagi pasien Covid-19 di Parit 19 Sungai Beringin Tembilahan. Pada umumnya pelanggar, kedapatan dan terbukti tidak menggunakan masker saat beraktivitas. 


Bupati Inhil HM Wardan, yang didampingi Kapolres Inhil AKBP Dian Setyawan, Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faisal dan unsur terkait ikut menyaksikan langsung penerapan sangsi sosial pelanggar disiplin prokes. 

“Sebelum membersihkan makam, para pelanggar terlebih dahulu menjalani test swab antigen yang kita disediakan di pintu masuk lokasi pemakaman,” kata Bupati Inhil HM Wardan.

Tak hanya sanksi berupa kerja sosial, jika masih kedapatan melakukan pelanggaran maka mereka dapat dijatuhi sanksi kurungan. Oleh sebab itu, ditegaskan bupati, jangan sekali-kali abai dengan prokes Covid-19. 

“Kita rasa tidak susah menerapkan prokes. Tinggal pakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas di luar rumah,” tambahnya.

Bupati yakin kedepan tidak akan ada lagi pemberian sanksi jika masyarakat semakin sadar untuk menerapkan prokes. Menerapkan prokes salah satu upaya diri sendiri untuk terhindar dari bahaya virus.

“Termasuk menjaga keluarga dan kita semua,” pesannya lagi.

Jika hari ini Inhil berada dalam kategori zona oranye paling tidak menjelang Idulfitri, dapat bergeser menjadi zona kuning. Apalagi jika bisa masuk ke zona hijau. Sehingga dapat melaksanakan Salat Idulfitri secara berjamah di masjid.(adv)

 


Bank BJB




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com