Kodim Dukung Ketahanan Pangan Melalui Opla

Indragiri Hilir | Jumat, 05 Agustus 2022 - 10:20 WIB

Kodim Dukung Ketahanan Pangan Melalui Opla
Dandim 034/Inhil Letkol Arh Nahruddin Roshid, berbincang dengan Kepala DTPHP Inhil H Fajar Husin dan Kepala Dinas Perkebunan Inhil H Sirajuddin, Kamis (4/8/2022). (INDRA EFFENDI/RIAU POS)

INDRAGIRI HILIR (RIAUPOS.CO) - Dandim 0314/Indragiri Hilir (Inhil) akan senantiasa mendukung ketahana pangan dengan selalu menyukseskan program optimalisasi lahan (Opla).

Dengan demikian, Dandim 034/Inhil Letkol Arh Nahruddin Roshid bersama jajaran bertemu dengan Kepala Dinas Perkebunan dan Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (DTPHP), Kamis (4/8) kemarin.

Yamaha Alfa Scorpii

"Program Opla ini bertujuan membantu petani agar hasil panen yang selama ini hanya IP 100 naik menjadi IP 200," kata Dandim 0314/Inhil Letkol Arh Nahruddin Roshid.

IP 100, merupakan istilah dalam pertanian. Di mana jika selama ini, petani padi hanya bisa panen satu kali dalam satu tahun itu disebut IP 100. Sedangkan panen dua kali dalam satu tahun disebut IP 200.

Dalam waktu dekat ini akan dilakukan Opla di Desa Sibatu dan Pasirmas, Kecamatan Batang Tuaka. Program Opla menyasar kelompok kelompok tani, mulai dari penggalian parit, pembuatan tanggul, jembatan serta pintu klep air.  

Diharapkan Disbun dan DTPHP dapat mendukung dan berkordinasi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal itu menjadi kesepakatan antara pihak Kodim dan instansi tersebut.(adv)









Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



HUT RI 77 Rokan hilir

BRI Simpedes II PKU

DPRD SIAK



EPAPER RIAU POS  2022-08-18.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com