Diskominfotiks Tinjau Tower di Pesisir

Indragiri Hilir | Jumat, 27 Mei 2022 - 09:24 WIB

Diskominfotiks Tinjau Tower di Pesisir
Plt Kadiskominfotiks Rohil Indra Gunawan SE saat meninjau langsung keberadaan menara telekomunikasi di wilayah pesisir Rohil, baru-baru ini.  (DISKOMINFOTIKS FOR RIAUPOS.CO)

ROKANHILIR (RIAUPOS.CO) - KESADARAN masyarakat tentang adanya ketentuan menyangkut izin mendirikan menara tower telekomunikasi di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) ternyata masih rendah.

Hal itu dibuktikan setelah tim yang dikomandoi langsung Plt Kadiskominfotiks Indra Gunawan SE, yang melakukan inspeksi mendadak di wilayah pesisir Rohil, tepatnya di Kecamatan Kubu dan Kecamatan Pasir Limau Kapas, pekan lalu.

Yamaha Alfa Scorpii

Di sejumlah lokasi pendirian yang dikunjungi, pemilik tower menara mengaku tidak mengetahui Perda Nomor 1 Tahun 2019 tentang Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi serta Undang-Undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi.

"Bahkan ada yang hanya menerima kontrak sebagai pemilik tanah," kata Indra Gunawan, melalui rilis.

Dikatakan Indra, di sejumlah lokasi pendirian menara tower, sempat terjadi penolakan karena pemilik tidak merespon investigasi yang telah dilakukan. Namun sebaliknya, tim juga telah mengambil titik lokasi tower menara secara keseluruhan untuk selanjutnya mengambil tindakan terukur yang nanti dilakukan bersama tim gabungan.

Dalam survei tersebut, tim inspeksi juga menyasar ke lokasi daerah pelosok Desa Sei Daun. Mereka menemukan tower menara mati yang ditinggalkan begitu saja oleh pemilik provider seluler serta tower menara bantuan dari pemerintah pusat untuk masyarakat perbatasan.


"Tower mati ini akan kita pertimbangkan, apakah nanti di-take over atau di bongkar," katanya.

Tim juga menyerap aspirasi masyarakat Desa Sei Daun terkait kualitas sinyal seluler yang kurang maksimal di wilayah tersebut. Untuk memastikan itu, tim bersama pihak Telkomsel pada hari itu juga melakukan pengecekan langsung ke titik tower di Desa Sei Daun serta Dusun Kampung Baru Sei Sekobat.(adv)








Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



BRI Simpedes II PKU

DPRD SIAK



EPAPER RIAU POS  2022-08-15.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com