ENAM RUMAH TERBAKAR DI INHIL

Rohana Tewas Terpanggang

Indragiri Hilir | Senin, 28 Desember 2020 - 11:35 WIB

Rohana Tewas Terpanggang
Kobaran api tengah membakar sejumlah bangunan rumah semi permanen di Kelurahan Kairiah Mandah, Kecamatan Mandah, Sabtu (26/12/2020) malam. Dalam musibah ini satu orang meninggal dunia.(DAMKAR INHI; FOR RIAUPOS.CO)

TEMBILAHAN (RIAUPOS.CO) -- Enam bangunan rumah semi permanen di Kelurahan Kairiah Mandah, Kecamatan Mandah, Indragiri Hilir (Inhil) ludes terbakar, Sabtu (26/12) sekitar pukul 20.30 WIB.

Akibat musibah ini, satu pemilik rumah atas nama Rohana (80) meninggal dunia akibat terpanggang api. Diduga kuat korban terjebak di dalam rumah, saat sedang terjadi kebakaran.


Kapolres Inhil AKBP Dian Se­tyawan, membenarkan adanya musibah kebakaran tersebut. Du­gaan sementara, sumber api berasal dari dapur rumah korban Rohana.

"Satu korban meninggal du­nia," ungkap Kapolres Inhil AKBP Dian Setyawan,  Ahad (27/12) pagi.

Dijelaskan kapolres, peristiwa itu pertama kali diketahui salah satu warga bernama Eden. Saat itu dia baru  pulang ke rumah dan melihat kobaran api mulai membesar dari bagian belakang rumah Rohana.

Selanjutnya, Eden memanggil warga Fahrizi, dengan mengatakan ada kebakaran di rumah Rohana. Kemudian mereka meminta bantuan masyarakat untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya.

"Dugaan sementera, memang api berasal dari dapur rumah korban," tuturnya.

Sementara Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Inhil Ediwan Shasby mengatakan, api baru dapat dipadamkan kurang lebih 90 menit sejak api mulai membesar.

"Kasus ini sudah ditangani teman-teman dari Polsek Mandah," jawab Mantan Kepala Dinas Perkebunan Inhil itu.

Camat Mandah, Junaidi, saat dikonfirmasi menjelaskan, korban Rohana, tinggal sendiri di rumah tersebut. Diduga korban tertidur, sehingga tidak dapat menyelamatkan diri. Apalagi usianya korban sudah cukup tua.

Pascakebakaran, dijelaskan Junaidi, unsur forkopimcam Mandah, langsung membuka posko bantuan di Tribun Lapangan Sepak Bola, Kelurahan Mandah. Sejak itu pula bantuan datang silih berganti.

"Alhamdulillah bantuan sudah mulai terkumpul baik atas nama pribadi masyarakat, organisasi sosial dari PMTI Mandah, KPSI Mandah, maupun dari sejumlah desa yang ada di Kecamatan Mandah," jelasnya.

Adapun nama korban kebakaran, Rohana (80) meninggal dunia, Azman (50), Yahya (56),  Zaleha (70), Abdul Gafar (60) dan Najamuddin (60) dengan kondisi rumah rusak berat.(gem)

Laporan: INDRA EFFENDI (Tembilahan)






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2021-01-17.jpg


PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com