Anggaran Pilkada Inhu Disepakati Rp27,6 Miliar

Indragiri Hulu | Jumat, 01 November 2019 - 09:48 WIB

RENGAT (RIAUPOS.CO) -- Akhirnya Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah itu dapat menyepakati besaran anggaran pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala (Pilkada) tahun 2020.

Sebelumnya sempat tarik ulur antara kedua pihak dalam penetapan besaran anggaran pilkada di daerah itu yang akan dimasukkan dalam dana hibah pada APBD 2020  mendatang. Akibatnya, penetapan dan penandatangan naskah perjanjian hibah dana (NPHD) antara Pemkab dengan KPU Inhu terakhir di Provinsi Riau.

Di mana anggaran untuk pelaksanaan pilkada mendatang telah disepakati melalui NPHD sebesar Rp27.605.164.700. Sementara KPU Kabupaten Inhu, mengusulan terakhirnya sebesar Rp31.156.203.900.


"Benar, NPHD sudah ditandangi antara saya dengan Sekretaris BK2AD Kabupaten Inhu Ria Herlina SE," ujar Ketua KPU Kabupaten Inhu Yenni Meirida SE, usai penandatangtanganan NPHD,  Kamis (31/10).

Ketua KPU Kabupaten Inhu juga membenarkan bahwa Kabupaten Inhu terakhir dibanding kabupaten kota di Provinsi Riau dalam menandatangi NPHD.  Hal ini tidak lain disebabkan oleh perbedaan pendapat dalam penetapan anggaran pilkada tersebut.

Kondisi ini juga sempat menjadi perhatian KPU Provinsi Riau hingga Kemendagri. "Memang agak berliku dalam penetapan anggaran pilkada hingga penandatangan NPHD, tetapi itu semua tidak lain bagian dari sebuah proses," ungkapnya.

Untuk itu, harapnya, dari pelaksanaan penandatangan NPHD anggaran Pilkada, hendaknya semua pihak ikut menyukseskan Pilkada di Kabupaten Inhu. Karena menyukseskan pilkada, merupakan tugas dan tanggungjawab bersama.

Lebih jauh disampaikannya, KPU Kabupaten Inhu sudah akan memulai tahapan pilkada yang diawali untuk calon perseorangan. Di mana pihaknya menyosialiasikan jumlah dukungan untuk calon perseorang atau nonpartai politik dengan minimal dukungan sebanyak 8,5 persen atau sebanyak 24.395 pemilih dari 287.003 pemilih berdasarkan DPT terakhir.

Dukungan untuk calon perseorangan itu, harus tersebar minimal di delapan kecamatan dalam wilayah Kabupaten Inhu. "Sosialisasi untuk dukungan calon perseorangan ini akan dimulai pada tanggal 25 November 2019 mendatang," terangnya.(jrr)

Laporan: Kasmedi








youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-10-27.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com