ORGANISASI

Struktur PBB Inhu Dibentuk, Bukan Organisasi Politik

Indragiri Hulu | Senin, 03 Agustus 2020 - 12:28 WIB

Struktur PBB Inhu Dibentuk, Bukan Organisasi Politik
MARTIMBANG SIMBOLON

RENGAT (RIAUPOS.CO) - Penerima mandat pembentukan organisasi Pemuda Batak Bersatu (PBB) di Kabupaten Inhu sudah mulai bekerja untuk membentuk kepengurusan. Meskipun belum rampung seluruhnya, sudah banyak struktur yang sudah ada fungsionarisnya.

''Atas semangat dan komitmen masyarakat Batak yang kami hubungi, mudah-mudahan dalam waktu dekat seluruh struktur bisa dilengkapi untuk diajukan dalam memperoleh pengesahan,'' kata penerima mandat, Martimbang Simbolon saat dihubungi Senin (3/8/2020).


Anggota DPRD Inhu itu mengatakan, pembentukan PBB merupakan tekad persatuan masyarakat Batak yang memiliki semangat kepemudaan, berjiwa muda dan ingin terus memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa, negara pada umumnya dan daerah pada khususnya.

Disebutkannya, sesuai anggaran dasar dan anggaran rumah tangga bahwa organisasi Pemuda Batak Bersatu ini dibentuk sebagai tujuan sosial. Karenanya pihaknya bertekad menjadikan PBB sebagai wadah menjadikan pemuda Batak menjadi generasi yang berkualitas, memiliki pemahaman adat dan budaya Batak serta solidaritas terhadap sesama suku Batak.

''Saat rapat pembentukan struktur Sabtu lalu ada yang bertanya apakah nanti PBB ini diarahkan pada kegiatan politik praktis, saya tegaskan tidak. Hal itu ditanyakan karena pembentukannya bersamaan dengan masa-masa jelang pilkada Desember 2020. Saya katakan, kalau untuk tujuan politik lebih baik tidak usah ada PBB dibentuk di Inhu,'' katanya.

PBB merupakan organisasi pemuda Batak, keanggotaan PBB terdiri dari orang yang memiliki darah keturunan Batak, namun suku-suku yang ada di Inhu seperti suku Melayu, Jawa, Minang dan suku lainnya yang memiliki darah keturunan Batak bisa bergabung menjadi anggota PBB, namun akan dinobatkan terlebih dahulu menjadi anggota istimewa atau anggota khusus.

"Anggota PBB adalah seseorang yang memiliki keturunan dan berdarah Batak, dan ketika ditelusuri tarombonya ada garis keturunan darah Batak atau, ilustrasinya seperti ini ya, ayah Melayu ibu Batak maka anaknya akan kita data untuk bergabung di ormas PBB Inhu. Karena itu kepada warga Inhu yang berdarah Batak kami ajak agar bergabung di organisasi PBB ini," ujar Martimbang Simbolon.

 

Laporan: Fopin A Sinaga (Rengat)

Editor: E Sulaiman





youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-09-30.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com