BERLAKU MULAI HARI INI

Beri Sanksi Pelanggar Protokol Kesehatan

Indragiri Hulu | Rabu, 05 Mei 2021 - 12:03 WIB

Beri Sanksi Pelanggar Protokol Kesehatan
Penjabat Bupati Inhu Drs H Chairul Riski MS MP (tengah) memimpin rapat persiapan penerapan Tipiring kepada pelanggar protokol kesehatan di ruang rapat kantor bupati, Selasa (4/5/2021). (KASMEDI/RIAU POS)

(RIAUPOS.CO) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu menggelar rapat tentang penerapan sanksi tindak pidana ringan (Tipiring) bersama Forkopimda. Penerapan sanksi tersebut berdasarkan arahan dari pemerintah pusat dan pemerintah provinsi dalam rangka penegakan disiplin protokol kesehatan (prokes) dan penanganan Covid-19 di daerah dan pencegahan mudik.

Bahkan sesuai hasil kesepakatan, penerapan sanksi Tipiring tersebut akan dilakukan pada  hari ini, Rabu (5/5). "Penerapan sanksi berupa Tipiring kepada pelanggar prokes tidak lain dalam rangka menekan penularan Covid-19 di Kabupaten Inhu," ujar Plt Bupati Inhu Drs H Chairul Riski MS MP, Selasa (4/5).


Penerapan sanksi berupa Tipiring tersebut bisa dalam bentuk kurungan badan. Dimana, pelanggaran yang dilakukan dan terbukti dapat dikurung badan paling lama tiga hari.

Tidak itu saja, selain kurungan badan, sanksi kepada pelanggar prokes tersebut juga didenda paling banyak Rp350 ribu. "Sebelum diterapkan, penyampaian kepada media sudah termasuk dalam bagian sosialisasi," ungkapnya.

Bagi pelanggar prokes sambungnya, tetap akan menjalani proses persidangan di tempat yang diajukan JPU dan disidangkan hakim. Dimana dasar pelaksanaan penerapan sanksi itu mengacu kepada Perda Provinsi Riau Nomor 4/2020 tentang penyelenggaraan kesehatan.

Untuk itu katanya, razia dan sidang Tipiring di tempat akan dilakukan di sejumlah wilayah Kabupaten Inhu. Dimana dalam pelaksanaannya akan melibatkan seluruh instansi yang ada di antaranya Pengadilan Negeri, Kejaksaan Negeri, Kepolisian, Satpol PP dan lainya.

Untuk itu imbaunya, kepada warga yang harus ke luar rumah agar tetap mengedepankan Prokes. Karena apabila tetap melanggar, ada sanksi yang mengintai baik kurungan badan maupun denda uang.(ade)

 

Laporan Kasmedi, Rengat


Bank BJB




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


EPAPER RIAU POS  2021-06-17.jpg



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com