Calon Kades Petahana Banyak Tak Terpilih

Indragiri Hulu | Jumat, 06 Desember 2019 - 09:29 WIB

Calon Kades Petahana Banyak Tak Terpilih
PILKADES: Antusias warga menyampaikan hak pilih pada pilkades serentak cukup tinggi, Rabu (4/12/2019). Seperti di salah satu TPS di Desa Bongkal Malang, Kecamatan Kelayang, Inhu. (kasmedi)

INDRAGIRIHULU (RIAUPOS.CO) -- Pascapelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak, hampir di setiap kecamatan calon petahana (incumbent) berguguran. Seperti di Kecamatan Batang Cenaku dan Kecamatan Rakit Kulim.


Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Indragiri Hulu (Inhu) Ir H Hendrizal MSi mengatakan,  pelaksanaan pilkades serentak diikuti 61 desa berjalan lancar dan aman. "Sepertinya calon kades dengan latar belakang incumbent, masih banyak yang belum beruntung dan masyarakat lebih memilih calon kades pendatang baru," ujar Sekdakab Inhu Hendrizal, Kamis (5/12).

Namun demikian sebutnya, siapapun kades terpilih pada pilkades serentak pada Rabu (4/12) kemarin hendaknya dapat menjalankan tugas dengan baik. Bahkan kades terpilih yang akan menjalankan tugas selama enam tahun ke depan, juga diharapkan mampu memajukan desanya.

Bahkan kepada kades terpilih, dituntut harus mengerti tentang pengelolaan keuangan dengan baik dan benar sesuai ketentuan yang berlaku. “Di desa saat ini begitu besar anggarannya. Apabila bermain-main dalam penggunaan anggaran, dapat berakibat fatal," tegasnya.

Untuk itu, atas nama pemerintah daerah, mengucapkan selamat kepada kades terpilih dan merangkul semua pihak termasuk calon kades yang tidak terpilih. Kemudian kepada calon kades yang belum terpilih hendaknya dapat berlapang dada dan kembali berbuat yang terbaik untuk desa masing-masing.

Begitu juga masyarakat yang sebelumnya memiliki jagoan, hendaknya tidak lagi terkotak-kotak terhadap calon yang didukung. "Masyarakat hendaknya kembali kepada kesibukan masing-masing dan bersama-sama mendukung Kades terpilih," harapnya.

Ketika ditanya, selain calon kades incumbent tidak terpilih di Kecamatan Batang Cenaku dan Kecamatan Rakit Kulim. Sekda mengaku tidak hafal semuanya. Namun untuk lima desa di Kecamatan Rengat Barat yang mengikuti pilkades, hanya satu calon kades incumbent yang kembali terpilih.(kas)



youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU

Pemkab.Pelalawan - HUT Adhyaksa



Sharp Pekanbaru PSBB


UIR PMB Berbasis Rapor

EPAPER RIAU POS  2020-08-13.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com