Inhu Usulkan 2.085 Vaksin Covid-19

Indragiri Hulu | Kamis, 07 Januari 2021 - 20:12 WIB

Inhu Usulkan 2.085 Vaksin Covid-19
Kepala Dinas Kesehatan Inhu Elis Julinarti MKes.(DOK RIAUPOS.CO)

RENGAT (RIAUPOS.CO) -- Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) mengusulkan sebanyak 2.085 vaksin Covid-19. Dimana vaksin tersebut dikhususkan untuk tenaga kesehatan (Nakes) yang tersebar disejumlah Puskesmas hingga rumah sakit.

Saat ini, Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Inhu tinggal menunggu kedatangan vaksin tersebut dari Pekanbaru.


"Kami belum mengetahui berapa jumlah vaksin yang akan direalisasikan. Sementara sesuai permintaan untuk para Nakes yakni sebanyak 2.085 vaksin," ujar Kepala Diskes Kabupaten Inhu Elis Julinarti MKes, Kamis (7/1/2021).

Menurutnya, pengusulan vaksin tersebut berdasarkan pendataan terhadap nakes yang ada di Kabupaten Inhu. Kemudian setelah dilakukan pendataan, jumlah nakes tersebut di input melalui aplikasi Kemenkes.

Data 2.085 nakes tersebut berasal dari 20 Puskesmas, Diskes, instalasi farmasi, RSUD Indrasari dan dua RS swasta yang ikut menangani Covid-19.

"Jika jumlah vaksin dikirim kurang dari yang diusulkan, maka akan dilakukan pendataan ulang terhadap nakes yang sangat prioritas mendapatkannya," ungkapnya.

Karena sebelumnya, nakes yang akan disuntik vaksin juga mengacu kepada petunjuk Kemenkes. Dimana untuk nakes hamil dan menyusui, dalam hal ini tidak menjadi prioritas.

Namun secara umum yang perlu dilakukan suntikan vaksin tersebut yakni untuk nakes yang ada di Puskesmas dalam wilayah Kecamatan Rengat dan Rengat Barat. Karena di dua lokasi tersebut sangat tinggi menangani Covid-19.

Penyuntikan vaksin tersebut tambahnya, akan dilakukan dalam tiga tahapan. Dimana penyuntikan vaksin tersebut sesuai jadwal dilaksanakan pada tanggal 14 Januari hingga akhir bulan Februari 2021 mendatang.

 

Laporan: Raja Kasmedi (Rengat)
Editor: Afiat Ananda

 






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  27-JANUARI.jpg


PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com