LEGISLATIF

BK Belum Tindaklanjuti Pengunduran diri Ketua DPRD Inhu

Indragiri Hulu | Selasa, 07 Juli 2020 - 16:11 WIB

RENGAT (RIAUPOS.CO) - Setelah sejumlah anggota DPRD Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menanyakan kinerja Badan Kehormatan (BK) lembaga tersebut. Kini giliran jajaran pimpinan dewan yang menanyakan kinerja BK DPRD Kabupaten Inhu.

Sebab sejak pemanggilan Ketua DPRD Kabupaten Inhu hingga ada surat dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tentang penjelasan atas pengunduran diri Ketua DPRD Kabupaten Inhu, belum ada kejelasan. Sehingga kondisi itu menimbulkan berbagai pertanyaan bagi sejumlah anggota hingga pimpinan dewan.

Seperti disampaikan Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Inhu H Suwardi Ritonga SE. "Benar, hingga saat ini belum ada penjelasan resmi dari BK terkait apa yang sudah dilakukannya," ujar H Suwardi Ritonga SE yang juga politisi Gerindra, Selasa (7/7/2020).


Menurutnya, apa yang sudah dilakukan BK sebaiknya disampaikan secara resmi kepada anggota. Bahkan bisa saja, terkait pengunduran diri Ketua DPRD Kabupaten Inhu yang sudah ditangani oleh BK, bisa saja disampaikan kepada pimpinan dewan.

Ketika belum ada penjelasan dari BK, pihaknya juga tidak dapat berkomentar banyak. "Kuncinya di BK. Karena BK sudah masuk dalam ranah tersebut. Sementara hasil yang sudah dilakukan BK juga belum ada kejelasan," ungkapnya.

Untuk itu harapannya, BK hendaknya bekerja sesuai dengan ketentuan yang ada. Bahkan BK dapat mengambil pedoman pada surat dari Biro Tapem Pemprov Riau yang ditandatangani Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Drs H Yan Prana Jaya MSi.

Dimana dalam surat tersebut sudah sangat terang benderang yang dituangkan pada poin empat. Bahwa, BK DPRD Kabupaten Inhu dapat melakukan konfirmasi langsung terhadap Samsudin atas keaslian berkas pengunduran dirinya sebagai Ketua DPRD.

Kemudian BK segera melanjutkan tahapan selanjutnya untuk peresmian pemberhentian yang bersangkutan sebagai Ketua DPRD. Setelah dilakukan pemberhentian maka ada penunjukan pelaksana tugas sampai dengan ditetapkannya ketua pengganti definitif. "Begitu dibunyikan dalam poin empat pada surat yang ditandatangani Sekdaprov," terang H Suwardi Ritonga SE.

Sementara itu salah seorang anggota BK DPRD Kabupaten Inhu Mulyanto Amd mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum ada mengagendakan pembahasan lebih lanjut tentang pengunduran diri Ketua DPRD Kabupaten Inhu.

"Hingga saat ini belum ada agenda, apa lagi baru-baru ini sibuk pembahasan LKPJ," ujarnya singkat.

 

Laporan: Raja Kasmedi (Rengat)

Editor: E Sulaiman



youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU

Pemkab.Pelalawan - HUT Adhyaksa



Sharp Pekanbaru PSBB


UIR PMB Berbasis Rapor

EPAPER RIAU POS  2020-08-05.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com