Pasca Diresmikan Kajati, Balai Rehab Narkotika Belum Berfungsi

Indragiri Hulu | Senin, 08 Agustus 2022 - 17:06 WIB

Pasca Diresmikan Kajati, Balai Rehab Narkotika Belum Berfungsi
Seorang warga melintas di ruangan balai rehab narkotika di RSUD Indrasari Rengat, Senin (8/8/2022). (RAJA KASMEDI/RIAUPOS.CO)

RENGAT (RIAUPOS.CO) - Hingga saat ini balai rehab narkotika pasca diresmikan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau, Dr Jaja Subagja SH MH, ternyata belum difungsikan. Sementara, balai rehab narkotika tersebut sudah mengambil tempat di RSUD Indrasari Rengat Jalan Lintas Timur, Kelurahan Pematang Reba, Kecamatan Rengat Barat.

Tidak diketahui secara pasti, balai rehab narkotika tersebut, mengapa belum difungsikan. Sedangkan acara peresmian balai rehab narkotika oleh Kajati Riau dilaksanakan pada Rabu (3/8/2022) pekan lalu.


Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Indragiri Hulu (Inhu), Furkon Syah Lubis SH MH ketika dikonfirmasi tentang kapan balai narkotika akan difungsikan, belum memberikan jawaban. Bahkan konfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp, juga tidak kunjung dibalas.

Hal senada dikonfirmasikan kepada Kepala Seksi (Kasi) Intelijen yang juga Humas Kejari Inhu, Arico Novi Saputra SH juga tidak menjelaskan tentang hal tersebut. Kasi Intelijen hanya menyebutkan, bahwa ditanyakan dulu kepada Kasi Pidum.

Hanya saja, setelah empat hari usai dikonfirmasi, Kasi Intelijen belum juga memberikan penjelasan. "Bentar ne ditanyakan dulu sama Kasdum," ujar Kasi Intelijen saat itu.

Sehingga untuk saat ini, belum diketahui kapan balai narkotika bisa difungsikan atau dimanfaatkan masyarakat. Begitu juga tentang sumber angggaran untuk operasional balai narkotika.


Di tempat terpisah, Direktur RSUD Indrasari Rengat, dr Muhammad Sobri ketika konfirmasi mengatakan bahwa, pihaknya telah menyiapkan peralatan standar untuk balai rehab narkotika. "Dua ruangan bersama peralatan pendukung sudah tersedia," ujarnya.

Pihaknya juga belum mengetahui kapan balai rehab narkotika akan difungsikan. Namun dalam penilaiannya, ketika sudah ada warga yang tersandung narkotika yang perlu direhabilitasi, pihaknya langsung menyiapkan tenaga medis.

Selain itu, pihaknya juga belum menunjuk dan memberikan tugas khusus kepada pegawai maupun dokter yang akan ditugaskan pada balai rehab narkotika. "Pada prinsipnya RSUD Indrasari Rengat siap sebagai pendamping pada balai rehab narkotika," terangnya.

 

Laporan: Raja Kasmedi (Rengat)

Editor: E Sulaiman







BEASISWA BENGKALIS 2022




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook






EPAPER RIAU POS  5-okt.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com