PERISTIWA

Hujan, Sejumlah Wilayah Inhu Terendam Banjir

Indragiri Hulu | Senin, 10 Januari 2022 - 13:45 WIB

Hujan, Sejumlah Wilayah Inhu Terendam Banjir
Sejumlah kendaraan tidak bisa melintas di Jalan Lintas Timur akibat genangan air Sungai Akar di Desa Sungai Akar Kecamatan Batang Gansal mencapai 50 centimeter, Senin (10/1/2022). (ISTIMEWA)

RENGAT (RIAUPOS.CO) - Hujan yang terjadi pada Ahad (9/1/2022) kemarin, berdampak di sejumlah daerah dalam wilayah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). Selain merendam pemukiman warga, luapan air anak sungai juga merendam fasilitas umum.

Sejumlah anak sungai yang meluap akibat hujan tersebut yakni Sungai Akar di Desa Sungai Akar, Kecamatan Batang Gansal. Kemudian Sungai Binio dan berdampak hingga merendam sejumlah pemukiman warga di beberapa desa Kecamatan Kelayang.

Yamaha Alfa Scorpii

Tidak itu saja, hujan juga mengakibatkan Sungai Beras-beras di Kecamatan Lubuk Batu Jaya meluap. Di daerah itu, pemukiman warga dan fasilitas umum juga terendam. 

Camat Batang Gansal, H Elinaryon ketika dikonfirmasi, membenarkan air Sungai Akar meluap akibat hujan yang terjadi pada Ahad (9/1/2022). "Luapan air Sungai Akar menggenangi hingga ke badan Jalan Lintas Timur," ujar Camat Batang Gansal, H Elinaryon, Senin (10/1/2022).

Living World Pekanbaru

Menurutnya, hujan yang terjadi pada Ahad (9/1/2022), mulai berdampak sekitar pukul 22.30 WIB. Dimana Jalan Lintas Timur tepatnya di Desa Sungai Akar mulai digenangi air. Bahkan hingga dini hari, ketinggian air yang melintasi Jalan Timur sudah mencapai sekitar 50 centimeter.

Akibatnya, arus lalulintas di Jalan Lintas Timur di Desa Sungai Akar sempat terjadi macet. Hanya saja pada Senin siang, luapan air Sungai Akar sudah kering. "Ada sekitar 60 rumah warga ikut terendam," ungkapnya. 


Dalam pada itu, Kepala Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Inhu Ergusfian S.Sos juga membenarkan sejumlah wilayah di daerah itu terendam luapan air dari anak sungai akibat hujan. "Selain di Kecamatan Batang Gansal, luapan air anak sungai juga terjadi di Kecamatan Kelayang dan Kecamatan Lubuk Batu Jaya," ucapnya.

 

Laporan: Raja Kasmedi (Rengat)

Editor: E Sulaiman

 

 






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Pemkab Meranti


EPAPER RIAU POS  2022-05-27.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com