BERI LAYANAN TERBAIK UNTUK ANAK

Pemkab Inhu dan PLN Sepakat Percepatan Cetak KIA

Indragiri Hulu | Kamis, 12 Agustus 2021 - 13:47 WIB

Pemkab Inhu dan PLN Sepakat Percepatan Cetak KIA
Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi SE didampingi Kadisdukcapil Syaiful Bahri SSos, Manager PLN UP3 Rengat Beny Indra Praja saat menyerahkan secara simbolis dokumen dan Kartu Identitas Anak (KIA) kepada perwakilan warga, Rabu (12/8/2021). (RAJA KASMEDI/RIAUPOS.CO)

BAGIKAN



BACA JUGA


RENGAT (RIAUPOS CO) -- Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) terus memberikan pelayanan terbaik untuk anak. Kali ini, Pemerintah Kabupaten Inhu menggesa percepatan pencetakan dokumen anak dalam bentuk Kartu Identitas Anak (KIA).

KIA tersebut merupakan dokumen resmi sebagai bukti diri anak yang berusia kurang dari 17 tahun. Bahkan untuk percepatan pelaksanaan cetak KIA tersebut, Pemerintah Kabupaten Inhu melalui Dinas Kependudukan kerja sama dengan PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Riau dan Kepri.


Sebagai tindak lanjut perjanjian kerja sama dengan PT PLN, dilanjutkan sosialisasi percepatan penerbitan akta kelahiran pada Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (PTJSL-CSR) PT PLN UP3 Rengat. "Selain dilakukan kerja sama dengan pihak PT PLN, juga dilakukan perjanjian kerja sama dengan salah satu pelaku usaha yakni water boom Alif Adam," ujar Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi SE, usai acara, Kamis (12/8/2021).

Menurut bupati, data kependudukan berupa KIA ini juga bermanfaat di tempat pelayanan umum dan fasilitas lainnya. Bahkan data kependudukan ini sebagai tolak ukur dalam perencanaan pembangunan.

Kemudian sebutnya, selain menggesa percepatan penerbitan KIA, pada tahun 2021 ini pihaknya telah mencetak 900 KTP elektronik. "Saya minta kepada Disdukcapil agar segera menyerahkan kepada masing-masing camat dan kepada para camat yang hadir saat ini segera serahkan kepada pemiliknya. Jangan sampai hal ini dimanfaatkan oleh pihak lain," tegasnya.

Sementara itu, Manager PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Rengat Beny Indra Praja mengatakan bahwa, pihaknya mendukung penuh percepatan cetak KIA. "Sosialisasi ini sangat diperlukan untuk mengetahui pentingnya memiliki KIA," sebutnya.

Untuk itu katanya, PLN siap mendukung terwujudnya dan mempertahankan kabupaten ramah anak. "Ini merupakan tanggungjawab bersama hingga dapat mewujudkan kabupaten ramah anak," ucapnya

Dalam pada itu, pemilik water boom Alif Adam, Mardi mengucapkan terimakasih yang telah dipercaya oleh Pemkab Inhu sebagai salah satu pelaku usaha untuk penerapan pemanfaatan KIA. "Makanya bagi anak-anak yang memiliki KIA akan mendapatkan diskon khusus," ujarnya singkat.

Laporan: Raja Kasmedi (Rengat)
Editor: Rinaldi



Pemkab Rokan Hulu





Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


samsat- Pemkab Meranti




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com