KPU Inhu Tetapkan Desain Surat Suara Pilkada

Indragiri Hulu | Sabtu, 17 Oktober 2020 - 10:45 WIB

KPU Inhu Tetapkan Desain Surat Suara Pilkada
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Yenni Mairida SE MM saat sosialisasi pilkada, belum lama ini.

RENGAT, (RIAUPOS.CO) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menetapkan desain surat suara untuk pemilihan bupati dan wakil bupati. Bahkan, pengesahan surat suara tersebut sudah disosialisasikan kepada pasangan calon dan pihak terkait lainnya.

Dari hasil penetapan desain tersebut, tiga pasangan calon berada dibagian atas dan dua pasangan calon berada di bagian bawah. Karena di Kabupaten Inhu ada lima pasangan calon sebagai peserta Pilkada 2020.


Ketua KPU Kabupaten Inhu Yenni Mairida SE MM ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa, setelah penetapan desain surat suara tersebut, selanjutnya disampaikan kepada KPU RI. "Kalau sudah ditetapkan, dilanjutkan dengan proses lelang cetak yang dilakukan oleh KPU RI," ujar Ketua KPU Kabupaten Inhu Yenni Mairida SE MM, Jumat (16/10).

Desain yang ada sebutnya, juga hasil desain yang dilakukan oleh KPU RI. Karena KPU Kabupaten Inhu sifatnya hanya menyampaikan kepada KPU RI tentang foto dan nama serta gelar titel sesuai berkas pendaftaran yang dilakukan pasangan calon.

Untuk proses cetak itu tambahnya, ketika sudah ada pemenang lelang yang ada di LPSE KPU RI. Kemudian hasil cetak pertama surat suara tersebut, kembali diserahkan untuk kembali meminta persetujuan pasangan calon. "Ketika sudah tidak ada keberatan pasangan calon, baru dicetak sesuai kebutuhan," ungkapnya.

Selain itu sebutnya, penetapan bagian bawah dan bagian bawah foto pasangan calon di surat suara diatur melalui KPTKPU nomor 339 tentang desain surat suara. Dimana, ketika mencapai lima pasangan calon, tata letak menjadi tiga pasangan calon dibagian atas dan dua pasangan calon dibagian bawah. Selanjutnya dibagian bawah tersebut terdapat satu lajur yang kosong. "Bagian kanan bawah tetap kosong dan tidak isi dengan logo apapun," tambahnya. Sementara itu, sesuai urutan pasangan calon bupati dan wakil bupati di Pilkada Kabupaten Inhu tahun 2020 yakni nomor satu Nurhadi - Toni Sutianto, nomor urut dua Rezita Meylani Yopi - Junaidi Rachmat. Nomor urut tiga Siti Aisyah - Agus Rianto.

Pasangan calon nomor urut empat Wahyu Adi - Supriati dan nomor urut lima Rizal Zamzami - Yoghi Susilo. "Saat ini kami masih menunggu foto yang diganti untuk dimuat dalam surat suara dari salah satu pasangan calon," terangnya.(kas)

 








youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-10-29.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com