WAKIL RAKYAT

Sejumlah Anggota DPRD Inhu Tak Laksanakan Reses

Indragiri Hulu | Selasa, 18 Agustus 2020 - 18:05 WIB

Sejumlah Anggota DPRD Inhu Tak Laksanakan Reses
Wakll Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Inhu Martimbang Simbolon. (RAJA KASMEDI/RIAUPOS.CO)

RENGAT (RIAUPOS.CO) - Sejumlah anggota DPRD Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) tidak mengambil masa reses kedua tahun 2020. Pasalnya, aspirasi masyarakat yang diserap saat reses tidak pernah diakomodir dan tidak pernah direalisasikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhu.

Dengan kondisi itu, sejumlah anggota DPRD Kabupaten Inhu tidak mau dicap sebagai pembohong oleh masyarakat, khususnya di daerah pemilihannya (dapil). Sedangkan masa reses tahap dua tahun 2020 tersebut sudah berakhir pada pekan kemarin.


Salah seorang anggota DPRD Kabupaten Inhu, Martimbang Simbolon, ketika konfirmasi, membenarkan tidak melaksanakan reses tahap dua tahun 2020.

"Kami ada delapan orang yang tidak memanfaatkan reses tahap dua ini," ujar Martimbang Simbolon yang juga Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Inhu, Selasa (18/8/2020).

Menurutnya, untuk apa dilaksanakan reses atau menyerap dan menindaklanjuti aspirasi konstituen. Sementara pengaduan masyarakat guna memberikan pertanggungjawaban moral dan politis kepada konstituen di Dapil sebagai perwujudan perwakilan rakyat dalam pemerintahan, tidak pernah digubris.

Yang terjadi, reses yang diharapkan dapat menampung keluhan masyarakat, juga berdampak kepada pemborosan anggaran.

"Biar saja anggaran reses dikembalikan ke kas daerah, untuk kepentingan daerah," sambungnya.

Ketika ditanya aspirasi yang pernah diserap saat reses, dikatakannya, saat reses lalu pernah diusulkan warga Desa Usul Kecamatan Batang Gansal untuk pembangunan jembatan. Apa yang diusulkan warga tersebut dinilai sangat layak, mengingat jembatan tersebut sudah sering mengalami rusak dan lapuk.

Selain itu, juga ada diusulkan warga saat reses yakni pembangunan turap penahan bangunan gedung SMPN 3 Batang Gansal. Ada juga yang diusulkan warga untuk pembangunan ruang kelas baru (RKB) di SDN 013 Air Hitam.

"Sebagian RKB di SDN 013 masih berdinding papan dan atap sudah bocor," ungkapnya.

Tidak itu saja, di dapilnya juga ada warga yang mengusulkan saat reses untuk pembangunan jembatan di KM 23 Dusun Kayu Desa Sungai Bangkar.

"Apa yang diusulkan warga sifatnya sudah mendesak. Saya harus jawab apa lagi, jika yang diusulkan tidak pernah direalisasikan," tegasnya.

Laporan: Raja Kasmedi (Rengat)
Editor: Hary B Koriun


Bank BJB




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook




EPAPER RIAU POS  2021-06-13.jpg



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com