IDULADHA

Di Batang Cenaku 295 ekor Hewan Disembelih, Dua Desa Tidak Ada Kurban

Indragiri Hulu | Selasa, 20 Juli 2021 - 13:45 WIB

Di Batang Cenaku 295 ekor Hewan Disembelih, Dua Desa Tidak Ada Kurban
SRIYANTO (RAJA KASMEDI/RIAUPOS.CO)

RENGAT (RIAUPOS.CO) - Sebanyak 295 ekor hewan kurban disembelih pada hari raya Iduladha tahun 1442 H/ 2021 di Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Selasa (20/7/2021). 

Dari 20 desa yang ada di Kecamatan Batang Cenaku, Desa Bukit Lingkar terbanyak menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban, yakni 38 ekor. Namun terdapat dua desa di Kecamatan Batang Cenaku yang tidak ada menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban.


"Dari data yang kami terima, total jumlah hewan kurban di Kecamatan Batang Cenaku sebanyak 295 ekor. Dari 295 ekor itu terdiri dari 213 ekor sapi dan 82 ekor kambing," ujar Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Batang Cenaku, Sriyanto S.Ag, Selasa (20/7/2021).

Menurutnya, data tersebut dihimpun dari pengurus masjid dan musala yang ada di Kecamatan Batang Cenaku. Bahkan, dari data yang diterima, jumlah hewan kurban pada tahun ini cendrung meningkat dibanding tahun lalu.

Secara rinci disampaikannya, jumlah hewan kurban di masing-masing desa diantaranya, di Desa Aur Cina sebanyak 13 ekor sapi dan 2 ekor kambing, di Desa Alim sebanyak 1 ekor sapi dan Desa Anak Talang sebanyak 5 ekor sapi.

Kemudian di Desa Bukit Lipai sebanyak 20 ekor sapi, di Desa Kepayang Sari sebanyak 10 ekor sapi dan 10 ekor kambing. Selanjutnya di Desa Bukit Lingkar sebanyak 30 ekor sapi dan 9 ekor kambing, di Desa Cenaku Kecil sebanyak 2 ekor sapi.

Bank BJB

Di Desa Kuala Kilan sebanyak 13 ekor sapi dan 4 ekor kambing, di Desa Kuala Gading sebanyak 36 ekor sapi dan 2 ekor kambing. "Pada tahun ini, Desa Kuala Gading terbanyak menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban yakni 38 ekor," ungkapnya.

Selanjutnya di Desa Kerubung Jaya 8 ekor sapi, Desa Petaling Jaya 8 ekor sapi dan 2 ekor kambing, Desa Puntianai 5 ekor sapi dan 4 ekor kambing, Desa Pematang Manggis 9 ekor sapi dan 14 kambing. Di Desa Pejangki sapi 3 ekor, Desa Lahai Kemuning 6 ekor sapi dan 2 ekor kambing, Desa Talang Mulya 26 ekor sapi dan 25 ekor kambing.

Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di Desa Talang Bersemi sebanyak 11 ekor sapi dan 3 ekor kambing, Desa Batu Papan 7 ekor sapi dan 5 ekor kambing. "Ada dua desa yang tidak ada menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban yakni di Desa Sanglap dan Desa Sipang," sebutnya.

 

Laporan: Raja Kasmedi (Rengat)

Editor: E Sulaiman



Pemkab Rokan Hulu





Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Erwin - Pemkab Meranti

TERBARU



ASR MEMBER- FOX Hotel Pekanbaru




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com