PENDIDIKAN

Sudah 6 Tahun, Keberadaan Kelas Jauh SDN 025 Alim Masih Berlantaikan Tanah

Indragiri Hulu | Senin, 20 Desember 2021 - 17:06 WIB

Sudah 6 Tahun, Keberadaan Kelas Jauh SDN 025 Alim Masih Berlantaikan Tanah
Pengurus PGRI Kabupaten Inhu foto bersama dengan guru dan murid kelas jauh SDN 025 Alim usai menyerahkan bantuan, baru-baru ini. (PGRI INHU UNTUK RIAUPOS.CO)

RENGAT (RIAUPOS.CO) - Hingga saat ini sekolah dasar (SD) kelas jauh yang berinduk ke SDN 025 Desa Alim Kecamatan Batang Cenaku, belum kunjung dinegerikan. Padahal secara umum, syarat dan ketentuan SD kelas jauh yang juga berada di Desa Alim, dinilai sudah mencukupi.

Akibatnya, kondisi bangunan SD kelas jauh yang berjarak sekitar 18 kilometer dari sekolah induk itu, tidak memadai dan tidak layak. Dimana bangunan ruang atau rombel berlantaikan tanah dan dinding papan bekas.

Yamaha Alfa Scorpii

Sehingga kondisi ini pula yang menjadi sasaran PGRI Kabupaten Inhu mengunjungi dan menyerahkan bantuan untuk murid kurang mampu baru-baru ini. Kemudian kegiatan tersebut sambil melihat kondisi bangunan kelas jauh SDN 025 Alim.

Plt Kadisdikbud Kabupaten Inhu Kamaruzaman S.Sos MSi melalui Kabid Pendas, Karwadi ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa, hingga saat ini belum ada laporan dari kepala sekolah tentang keberadaan kelas jauh SDN 025. Sehingga pihaknya belum ada memproses penegerian kelas jauh SDN 025.

Living World Pekanbaru

"Saya belum ada dapat laporan dari kepala sekolah maupun dari Korwil Disdikbud Kecamatan Batang Cenaku tentang kondisi kelas jauh SDN 025," ujar Kabid Pendas, Karwadi, Senin (20/12/2021).

Karena sebutnya, untuk syarat kelas jauh dapat dinegerikan dilihat dari jumlah murid dan ketersediaan gedung. Dimana minimal murid yakni 60 orang dan gedung atau rombel minimal sebanyak 6 kelas. 


Untuk itu harapnya, kepala sekolah maupun Korwil Disdikbud, sebaiknya menyampaikan laporan tentang kondisi sekolah tersebut. Sehingga ketika sekolah atau kelas jauh tersebut sudah memenuhi syarat, dapat diproses untuk dinegerikan.

Ditempat terpisah, Korwil Disdikbud Kecamatan Batang Cenaku, Marwanto SPd MM membenarkan adanya kegiatan PGRI Kabupaten Inhu di kelas jauh SDN 025. "Iya, kondisi kelas jauh SDN 025 Alim masih berlantai tanah, berdindingkan papan bekas dan tanpa plafon," sebutnya.

Ketika ditanya, apakah selama ini belum pernah melaporkan kondisi kelas jauh SDN 025 kepada Disdikbud Kabupaten Inhu. Dikatakannya, situasi kependidikan dari masing-masing sekolah setiap bulannya dilaporkan kepada Disdikbud Kabupaten Inhu.

Laporan tersebut sebagai bentuk kewajiban dan pertanggungjawaban atas tugas yang diemban Korwil sebagai perpanjangan tangan Disdikbud. "Kelas jauh itu sudah ada 113 murid, enam rombel dan enam guru. Bahkan, tahun ini sudah ada yang tamat sekolah," terangnya.

 

Laporan: Raja Kasmedi (Rengat)

Editor: E Sulaiman






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com