SETELAH RAPAT REKAPITULASI BALON JALUR PERSEORANGAN

Pasangan Nurani Siapkan 9.000 Dukungan Perbaikan

Indragiri Hulu | Jumat, 24 Juli 2020 - 10:42 WIB

Pasangan Nurani Siapkan 9.000 Dukungan Perbaikan
Ketua KPU Kabupaten Inhu Yenni Mairida SE MM (tengah) didampingi komisioner saat rapat pleno terbuka rekapitulasi dukungan bakal calon jalur perseorangan, baru-baru ini.(KASMEDI/RIAUPOS.CO)

RENGAT (RIAUPOS.CO) -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menyerahkan hasil rapat pleno rekapitulasi dukungan bakal calon (Balon) pasangan kepala daerah jalur perseorangan. Di antara dua Balon yang mangajukan syarat dukungan ke KPU, masih ada yang harus diperbaiki.

Dua Balon pasangan kepala daerah yang maju dari perseorangan itu adalah pasangan dr Nurhadi SpOG-Kapten (Purn) Toni Sutianto SH dengan sebutan Nurani dan pasangan Rezita Meylani SE-Drs H Junaidi Rachmat MSi yang disebut Rajut. Untuk Balon pasangan Nurani harus memperhatikan syarat dukungan.


Ketua KPU Kabupaten Inhu Yenni Mairida SE MM ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa, masa perbaikan dukungan untuk Balon pasangan jalur perseorangan dimulai pada tanggal 25 hingga 27 Juli mendatang. “Ada tiga hari untuk menyampaikan syarat dukungan untuk perbaikan,” ujar Ketua KPU Kabupaten Inhu Yenni Mairida SE MM, Kamis (23/7).

Setelah penyampaian dokumen dukungan perbaikan, dilanjutkan dengan verifikasi administrasi (Vermin). Selanjutnya dilanjutkan dengan tahapan verifikasi faktual (Verfak). Hanya saja, masa Vermin dan Verfak, sama-sama selama sembilan hari.

Ketika tahapan Vermin dan Verfak tuntas, kemudian tahap rapat pleno rekapitulasi tingkat kabupaten dijadwalkan pada tanggal 21 Agustus 2020 mendatang. "Perbaikan syarat dukungan ini sama dengan saat pengajuan dokumen dukungan tahap awal," ungkapnya.

Masih katanya, dari hasil rapat pleno rekapitulasi dukungan tingkat kabupaten, Balon pasangan Nurani sebanyak 21.717 dukungan. Sedangkan Balon pasangan Rajut sebanyak 30.782 dukungan. Sementara minimal syarat dukungan yang harus dipenuhi Balon perseorangan yakni 24.395 dukungan.

Dari hasil rapat pleno rekapitulasi dukungan tersebut, Balon pasangan Nurani harus melakukan perbaikan dengan mengajukan dukungan baru yakni sebanyak 2.678 dan ketika dikalikan dua menjadi sebanyak 5.356 dukungan. "Untuk Balon pasangan Rajut dinyatakan memenuhi syarat dukungan dan dapat melakukan pendaftaran," terangnya.

Dalam pada itu, kuasa hukum Balon pasangan Nurani, Dody Fernando SH MH mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan dokumen dukungan perbaikan sebanyak sembilan ribu dukungan. "Sesuai rencana perbaikan dukungan, diserahkan pada Ahad (26/7) mendatang," ujar Dody Fernando singkat.(kas)





youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-09-30.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com