Sukseskan Pemilu 2024, Disdukcapil Jemput Bola

Indragiri Hulu | Kamis, 24 November 2022 - 14:56 WIB

Sukseskan Pemilu 2024, Disdukcapil Jemput Bola
Operator e-KTP Disdukcapil Inhu melakukan perekaman terhadap salah seorang siswi SMAN 1 Kelayang (kiri), Rabu (23/11/2022). (DISDUKCAPIL INHU)

RENGAT (RIAUPOS.CO) -- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) terus melakukan jemput bola. Kali ini, Disdukcapil melakukan perekaman Administrasi Kependudukan (Adminduk) terutama perekaman e-KTP dengan cara turun langsung di SMAN 1 Kelayang, Rabu (23/11/2022).

Perekaman Adminduk ini dilakukan kepada wajib e-KTP di SMAN 1 Kelayang, sebagai upaya untuk mensukseskan Pemilu serentak di tahun 2024 mendatang. "Selain untuk mensukseskan Pemilu serentak, perekaman ini penting bagi siswa yang akan melanjutkan pendidikan atau lainnya," ujar Kepala Disdukcapil Inhu, Syaiful Bahri SSos.


Menurutnya, pemerintah lebih awal hadir untuk siswa yang akan melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Karena setiap tahunnya, siswa yang akan melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi akan disibukkan dengan Adminduk.

Makanya, sebelum berakhirnya masa pendidikan di tingkat SMA sederajat, masing-masing siswa sudah memiliki Adminduk atau e-KTP. "Biasanya, sebelum berakhir masa pendidikan di tingkat SMA, sudah ada siswa yang mengajukan berkas ke tempat kuliah atau pendidikan pilihannya," ungkapnya.

Untuk perekaman Adminduk di SMAN 1 Kelayang sambungnya, dapat dilakukan kepada sebanyak 89 orang. Kemudian, perekaman juga dilakukan untuk sejumlah warga yang belum memiliki Adminduk di sekitar SMAN 1 Kelayang.

Makanya, harap Kadisdukcapil, hendaknya ada koordinasi dari pihak sekolah atau permintaan kepada pihaknya. Sehingga dengan adanya koordinasi tersebut, akan memudahkan Disdukcapil turun untuk melakukan perekaman.

Karena di tahun 2022 ini, baru tiga SMA sederajat yang dapat dikunjungi, SMAN 2 Rakit Kulim, MA Nurul Falah Air Molek dan SMAN 1 Kelayang. "Setelah perekaman di SMAN 1 Kelayang ini, kami belum ada jadwal untuk turun dan sifatnya menunggu permohonan dari pihak sekolah," terangnya.

Laporan: Raja Kasmedi (Rengat)
Editor: Rinaldi

 

 









Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



PPDB Thawalib Padang Panjang




EPAPER RIAU POS  7-nove.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com