Pelatihan Jurnalistik Paroki Air Molek Hadirkan Tiga Narasumber

Indragiri Hulu | Selasa, 25 Februari 2020 - 12:33 WIB

Pelatihan Jurnalistik Paroki Air Molek Hadirkan Tiga Narasumber
Peserta, panitia dan pengurus gereja serta sebagian narasumber foto bersama usai pelaksanaan pelatihan jurnalistik, Ahad (23/2/2020).(KASMEDI/RIAUPOS.CO)

AIRMOLEK (RIAUPOS.CO) -- Tiga orang narasumber yang berkompeten di bidangnya dihadirkan untuk memberikan materi pelatihan jurnalistik yang ditaja seksi Komsos Paroki St Theresia Air Molek, Indragiri Hulu, 22-23 Februari 2020.

Ketiga narasumber adalah penulis buku, cerpen dan karya sastra lainnya Jeli Manalu, pegiat foto Ega Gusniardi dan Kepala Biro Riau Pos Inhu Fopin A Sinaga. Kegiatan yang dibuka pastor Theodorus Sitinjak OMF Cap itu bertujuan memberikan pemahaman kepada jemaat Paroki St Theresia tentang cara menulis, pengambilan foto dan memaksimalkan pemotretan hingga teknis membuat berita dan pengenalan dunia jurnalistik.

Ketua Panitia Pelaksana Lauren Herianto mengatakan, peserta berjumlah puluhan dari semua kalangan umur mulai dari tingkat SLTP hingga orang dewasa. Peserta datang dari berbagai stasi dan daerah seperti Kempas, Batang Gansal, Danau Tiga, Belilas, Lala dan Air Molek.

''Kami bersyukur dalam kegiatan ini peserta antusias mengikuti sesi latihan. Termasuk saat praktik seperti pemotretan yang dimentori Ega Gusniardi,  latihan menulis bebas dimentori Jeli Manalu, dan membuat berita dimentori Fopin A Sinaga. Tulisan pada sesi latihan di posting di grup Facebook yang sengaja panitia rancang dan akan dipergunakan sebagai wadah latihan online berkelanjutan. Materi yang dipraktikkan kemudian dipilih yang terbaik untuk diberikan hadiah berupa buku,'' katanya. 

Pelaksanaan pelatihan menurut Pastor Theodorus sejalan dengan tujuan pembentukannya yakni sebagai penyaluran potensi-potensi dan mengaktifkan kegiatan-kegiatan di antara jemaat. Bukan hanya membuat kegiatan tetapi juga menginformasikannya kepada publik.

''Jadi, mesti dibagikan supaya khalayak mengenalnya, bukan hanya di sini, tetapi lebih luas lagi. Siapa yang akan membagikan, itu yang paling utama adalah Seksi Komunikasi Sosial. Jadi memang, dengan sangat sengaja dipilih orang-orang yang sangat punya potensi untuk itu,'' kata Theodorus.

Salah seorang jemaat yang memiliki potensi itu adalah Jeli Manalu yang sudah banyak menulis cerpen di media dan majalah. Bahkan ia sudah menulis buku berjudul "Kisah Sedih Sepasang Sepatu" dan sebentar lagi menerbitkan buku keduanya."(kas)




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-04-05.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com